Mohon tunggu...
Nurma Irham
Nurma Irham Mohon Tunggu... Wiraswasta - nurmairham1@gmail.com

Mencari Cobek batu

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Tips Memilih Timbangan Kue

1 Agustus 2021   16:55 Diperbarui: 1 Agustus 2021   16:58 102 10 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Memilih Timbangan Kue
Dua buah timbangan digital/dokpri

Timbangan salah satu alat yang wajib dimiliki di dapur. Baik untuk mengolah bahan masakan  maupun bahan kue. Karena salah satu prosedur ketat dalam membuat kue adalah mengusahakan ukuran bahan yang digunakan sesuai resep yang akan kita buat. Dan tentu saja kita membutuhkan timbangan. Selain ukuran bahan maka kewajiban lainnya adalah patuh pada prosedur dalam urutan proses yang disebutkan dalam resep.

Membuat kue dengan ukuran yang kurang tepat atau hanya berdasarkan perasaan saja, dijamin kue akan berubah - ubah rasa dan teksturnya tidak sesuai.

Dipasaran ada dua jenis timbangan kue, yaitu timbangan analog dan timbangan digital. Timbangan analog adalah timbangan yang memiliki jarum petunjuk untuk berat bahan yang ditimbang, sedangkan timbangan digital mirip dengan angka di kalkulator. 

Memiliki timbangan digital selain lebih akurat karena bisa mengukur sampai satu gram, timbangan digital juga tidak terlalu meyimpang dalam ukuran dibandingkan dengan timbangan analog.

Dan timbangan kue digital  juga ada dua jenisnya yaitu ada yang satu gram dan lima gram dalam petunjuk bahan yang ditimbang. Jika ingin mengukur bahan kue dalam jumlah sedikit, lebih baik menggunakan timbangan digital satu gram. 

Antara timbangan digital satu gram dan lima gram, mempunyai pengaruh juga terhadap rasa kue, karena rata - rata kue menggunakan bahan, gula, margarine atau pun butter dalam pencampuran adonan, selisih sedikit ukurannya berpengaruh dalam hal rasa manis dan juga asin nya.

Kalau memungkinkan sebaiknya kita memilih timbangan digital satu gram, karena perbedaan per gram bahan sangat menentukan rasa dan tekstur kue.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN