Mohon tunggu...
Nurjanah Zahranafitri
Nurjanah Zahranafitri Mohon Tunggu... Penulis - Nurjanah zahranafitri

Lulusan Sekolah menengah atas . hobi membaca , menulis , menyanyi dan membuat karya

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Cara Ampuh Merebus Daging Sapi, Dijamin Empuk dan Irit Gas

10 Juli 2022   06:00 Diperbarui: 10 Juli 2022   06:02 150 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Merebus daging menjadi tantangan sendiri untuk para ibu - ibu. Waktu yang lama dan rumit, membuat para ibu - ibu memilih untuk membeli makanan jadi daripada memasak dirumah. Berikut adalah cara paling efektif untuk merebus daging dan dijamin empuk dan bisa irit gas.

1. Menggunakan Tehnik blanching

Tehnik blanching yaitu tehnik memasak pada air mendidih dalam waktu sebentar. Metode ini ternyata juga digunakan oleh beberapa Cheff untuk mempersingkat waktu memasak mereka.

Berikut cara memasak daging dengan metode Blanching :

  • Siapkan panci yang berisi air. Usahakan menggunakan panci dan tutup yang berbahan tebal.
  • Nyalakan kompor dan masak air sampai mendidih.
  • Masukkan daging yang sudah dipotong -- potong ke dalam air mendidih dan rebus selama 5 menit dengan kondisi tutup panci yang tertutup.
  • Setelah 5 menit, matikan kompor dan biarkan panci dalam kondisi tertutup.
  • Biarkan selama 30 menit. Selama proses ini, jangan sesekali untuk membuka tutup panci. Hal ini dikarenakan agar uap panas yang ada di dalam panci bekerja untuk mematangkan daging sapi.
  • Setelah itu nyalakan lagi kompor. Masak kembali daging selama 7 menit.
  • Setelah itu matikan kompor dan proses blanching sudah selesai.

Pada tehnik blanching ini yang perlu diingat adalah jangan pernah membuka tutup panci selama proses pemasakan. Hal ini juga berpengaruh terhadap kematangan daging dan hasil uap yang dieperoleh untuk bisa mematangkan daging.

Menggunakan Tehnik merebus daging 17 menit

Cara ini seperti cara merebus dengan tehnik blanching namun waktunya lebih singkat. Jika dalam tehnik blanching kita memakai cara 5-30-5. Dengan cara ini kita hanya membutuhkan waktu 7 menit merebus, 5 menit didiamkan dan 5 menit merebus. Ini artinya kita bisa mempersingkat waktu selama 23 menit dari tehnik blanching. 

Syarat dari metode ini, kita harus memastikan potongan daging. Potong daging dengan berlawanan arah serat agar daging tidak alot ketika matang nanti.

Menggepuk daging

Tehnik menggepuk daging atau memukul -- mukul daging dengan alat khusus ini biasanya dipakai untuk memasak daging dalam porsi yang sedikit. Biasanya daging dipukul -- pukul sampai teksturnya jadi lebih empuk. Tapi perlu diingat, jangan memukul daging terlalu kencang agar sari pati dari daging tidak keluar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan