Mohon tunggu...
Nurin
Nurin Mohon Tunggu... Capricorn

dibuat sebagai syarat tugas

Selanjutnya

Tutup

Karir

Apa Saja Modifikasi Kerja yang Dapat Dilakukan dalam Social Distancing Covid-19 Saat Ini?

26 Maret 2020   18:22 Diperbarui: 26 Maret 2020   18:40 592 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Saja Modifikasi Kerja yang Dapat Dilakukan dalam Social Distancing Covid-19 Saat Ini?
Pic by: Aljazeera.com

Saat ini wabah virus yang bermula dari Kota Wuhan, Tiongkok yaitu virus Corona (Covid-19) menyebar di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. WHO menetapkan bahwa wabah Corona sebagai pandemi yang tidak hanya merugikan dari sisi kesehatan juga sangat mempengaruhi dunia usaha dan perekenomian negara-negara di seluruh dunia dan dipastikan ekonomi global akan melambat.

Pemerintah Indonesia mencoba melakukan berbagai upaya untuk menekan dampak virus Corona terhadap industri, diantaranya perusahaan diminta untuk melakukan social distancing atau jarak sosial kepada seluruh karyawannya untuk bekerja dari rumah yaitu dengan memodifikasi pekerjaannya menjadi Work From Home (WFH). Tak hanya di Indonesia, kampanye social distancing juga dilakukan di banyak negara setelah pandemi global virus corona yang tujuannya untuk menekan laju penularan virus corona dengan mengurangi kontak di tengah kerumunan atau komunitas yang lebih besar.

Saat kondisi sekarang ini perusahaan harus lebih pintar melakukan modifikasi pekerjaan agar karyawan tetap bisa produktif melakukan pekerjaannya. Apa saja modifikasi pekerjaan yang bisa dilakukan perusahaan? Apakah jenis modifikasi kerja (telecommuting, flexi time, job hsaring dan compressed workweek) dapat diterapkan di semua perusahaan? Berikut diantaranya uraian beberapa modifikasi pekerjaan yang bisa dilakukan perusahaan pada kondisi social distancing Covid-19 saat ini:

Telecommuting merupakan model kerja dimana karyawan mendapatkan fleksibilitas kerja dalam hal tempat dan waktu kerja dengan bantuan teknologi komunikasi. Biasanya jenis pekerjaan yang menggunakan model kerja saat ini adalah pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi informasi dimana hampir sebagian besar perusahaan teknologi informasi berlevel internasional telah melakukan model telecommuting seperti ini. Namun dalam kondisi saat ini rencana kerja jarak jauh seperti ini sudah dilakukan oleh banyak perusahaan diantaranya perusahaan dunia yaitu Amazon, Apple, Facebook, Google, IBM, Salesforce dan masih banyak lagi yang telah mendorong para pekerjanya untuk dapat melakukan pekerjaan dari rumah sebagai tanggapan atas kekhawatiran tentang penyebaran virus corona.

Hal-hal yang perlu dilakukan perusahaan dengan model pekerjaan seperti ini antara lain memberikan fasilitas kerja yang dibutuhkan sebagai penunjang seperti PC/laptop, memastikan bahwa koneksi internet terkendali, memastikan sistem berjalan lancar, memastikan karyawan tetap produktif melakukan pekerjaannya, memastikan bahwa sistem keamanan dan rahasia perusahaan aman terkendali. Keuntungan dari pekerjaan model telecommuting seperti ini adalah karyawan bisa bebas mengatur waktu kerja khususnya pekerja wanita yang bisa sambil mengontrol pekerjaan rumah, bagi pekerja pria fleksibilitas waktu ini dapat memberikan kebebasan pikiran dan berekspresi untuk mendapatkan inspirasi kerja. 

Selain itu, dengan metode telecommuting ini pekerja dapat menghemat biaya transportasi dan tidak perlu bersusah payah berangkat dini hari untuk pergi ke kantor dan dapat mengurangi stress karena tidak menemui kemacetan dan kebisingan di jalan. Namun pekerjaan model seperti ini tidak bisa dilakukan oleh semua jenis pekerjaan, hanya pekerjaan tertentu saja karena disetiap perusahaan pasti memiliki staf pendukung seperti koki, office boy dan yang lainnya yang sangat tidak mungkin menggunakan model kerja telecommuting sementara perusahaan harus tetap mebayar upah karyawannya. 

Menurut saya, model pekerjaan telecommuting ini tidak semua bisa diaplikasikan untuk semua jenis pekerjaan, mungkin hanya bisa dilakukan untuk pekerjaan dibagian back office atau yang berkaitan dengan administrasi saja, sedangkan pekerjaan seperti dibidang frontliner, pekerjaan pabrik seperti produksi atau packing, satpam, kurir, office boy, pekerja media atau yang lainnya yg tidak menggunakan sistem aplikasi dan harus berinteraksi langsung sangat sulit menggunakan model kerja seperti ini sementara perusahaan harus tetap membayar hak pekerjanya. 

Perusahaan harus pandai lagi memikirkan cara modifikasi pekerjaan dan membuat sistem aplikasi agar setiap pekerjaan dengan latar belakang pekerjaan yang berbeda tetap dapat produktif melakukan pekerjaannya, di zaman yang canggih saat ini contohnya jika pekerjaan dibidang frontliner/ customer service perusahaan bisa mengalihkannya ke media online seperti pelayanan melalui whatsapp business, mobile banking, e-banking, live chat, e-mail, telepon, dan lain sebagainya. Menurut saya model kerja telecommuting ini dapat dilakukan dengan kondisi saat ini karena hanya merubah tempat atau area kerja saja, jam kerja dan produktivitas tetap bisa terkontrol sehingga target perusahaan tetap dapat tercapai juga tercapainya work life balance untuk karyawan.

Flex time merupakan sistem pengaturan kerja yang memberikan kebebasan kepada karyawan dalam mengatur jam kerja. Dalam sistem ini, karyawan dibebaskan dalam memilih jam berapa mereka dapat masuk bekerja asalkan pekerjaan yang dilakukan sudah selesai dan waktu yang digunakan memenuhi jumlah jam yang sudah disepakati dalam perjanjian kerja yang telah dilakukan. Biasanya sistem flexi time membebaskan tempat kerja karyawan yang bisa dilakukan dimana saja sehingga tidak perlu ke kantor. Flexi time atau jam kerja fleksibel ini sudah mulai diterapkan di perusahaan-perusahaan berskala global. 

Contohnya, yaitu perusahaan Wonolo yang merupakan singkatan dari Work Now Locally yang menerapkan semua pekerjanya menggunakan sistem flexi time baik dari karyawan tetap maupun kontrak dan dengan memberikan fasilitas yang layak kepada karyawannya seperti asuransi kesehatan dan gigi dan memberikah upah yang sesuai. serangkaian manfaat yang diberikan oleh Wonolo kepada karyawannya yaitu dirancang untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang fleksibel namun tetap produktif melakukan pekerjaannya. Jadi, selain memberikan waktu yang fleksibel, Wonolo pun memberikan kesejahteraan kepada karyawannya baik dari segi waktu maupun upah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x