Mohon tunggu...
Nuril Mufarroha
Nuril Mufarroha Mohon Tunggu... Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Bahaya Tidur di Pagi Hari

3 Desember 2019   22:29 Diperbarui: 3 Desember 2019   22:37 0 1 0 Mohon Tunggu...

Tidur di pagi hari merupakan suatu kebiasaan yang harus dihindari. Maka apabila kita sering melakukan hal ini bukan tidak mungkin jika nantinya bisa berdampak negatif pada kesehataan tubuh kita. Meskipun banyak orang telah mengetahui bahaya dan dampak dari tidur di pagi hari, tetapi hal itu seringkali dianggap sepele dan sebagian dari kita masih saja melakukan hal buruk satu ini. Banyak alasan mengapa seseorang sering tidur di pagi hari, salah satu penyebab yang paling umum yaitu karena begadang. Orang yang begadang atau tidak tidur semalaman, akan merasakan ngantuk di pagi hari.

Memang tidak bisa dipungkiri lagi godaan untuk melanjutkan tidur di pagi hari sangat berat. Apalagi bagi mereka yang baru saja melakukan begadang semalaman suntuk maka tidur di pagi hari merupakan suatu keharusan bagi mereka. Nah maka dari itu hindarilah kebiasaan begadang semalaman suntuk karena hal ini yang akan membuat anda mengantuk ketika di pagi hari.

Tidur di pagi hari sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh kita dan bisa menyebabkan tubuh rentan terhadap penyakit. Seringkali tubuh terasa lemas sehingga membuat kita malas dalam melakukan aktivitas harian. Kondisi tubuh yang terasa lemas ini, merupakan suatu hal yang wajar. Ini disebankan karena metabolisme dalam tubuh anda masih bekerja pada set malam hari. Sehingga dapat mempengaruhi tingkat energi tubuh kita.

Kemudian dampak dari kebiasaan tidur pagi yaitu mengganggu sistem metabolisme. Tubuh kita tidak diciptakan hanya untuk tidur saja, melainkan juga untuk beraktivitas, sehingga apabila kita banyak menggunakan waktu untuk tidur maka sistem metabolisme dalam tubuh akan menjadi terganggu dan fikiran menjadi kacau. Idealnya, pagi hari adalah waktunya sarapan pagi agar energi tubuh kita tercukupi, sehingga menjadi lebih semangat dalam menjalani aktivitas.

Tidur di pagi hari yang lumayan lama juga mengakibatkan kepala seseorang menjadi sakit atau pusing. Hal ini disebabkan karena pada saat kita tidur ada semacam cairan yang masuk ke otak. Nah, apabila waktu tidur kita terlalu lama cairan ini akan terus mengalir ke otak dan menyebabkan sakit kepala. Maka dari itu, tidurlah lebih awal di malam hari agar tidak mengantuk lagi sehingga tidak tidur di pagi hari.

Kebiasaan tidur di pagi hari, berpotensi mengakibatkan kanker darah karena kadar darah putih di dalam tubuh seseorang meningkat jika sering tidur di pagi hari. Apabila ini terus berlangsung, akan beresiko terhadap kesehatan tubuh dan bahkan bisa terkena penyakit kanker darah.

Lalu bahaya tidur pagi menurut islam yaitu pertama menghalangi rezeki. Tidak hanya buruk untuk kesehatan saja, tetapi tidur pagi juga merupakan hal yang dilarang oleh agama islam dan sangat tidak sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW.  Selain itu kita telah melewatkan waktu berkah ketika kita sering tidur di pagi hari. Berkah itu ada ketika di pagi hari, sehingga apabila digunakan untuk tidur maka waktu keberkahan itu akan musnah.

Demikian bahaya tidur pagi bagi kesehatan, semoga bermanfaat!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x