Mohon tunggu...
Nur Hafni
Nur Hafni Mohon Tunggu... Guru - Long Life Learning.

Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

4 Sikap Bijaksana Berinteraksi dengan Penyandang Disabilitas

10 Januari 2022   07:00 Diperbarui: 10 Januari 2022   07:03 154 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber : Intagram Abraham Ismed M, S H ( boy1492)

Apa yang kamu pikirkan saat pertama kali mendengar kata disablitas?

Bagaimana sikap mu saat pertama kali melihat penyandang disabilitas?

Apakah mereka terlihat aneh?

Lalu apa sih disabilitas itu?

Ditinjau dari sisi bahasa, disabilitas berasal dari bahasa Inggris yaitu "Disability" yang berarti orang dengan keterbatasan yang berbeda. Penyandang disabilitas adalah mereka yang memiliki keterbatasan secara fisik, mental, intelektual dan sensorik yang berlangsung dalam waktu lama dan sebagian orang sudah mengalaminya sejak lahir.

Mereka tidak pernah meminta kepada Tuhan untuk lahir dalam keadaan disabilitas. Mereka juga tidak pernah berharap akan menjalani hidup dalam keterbatasan. Andai takdir hidup bisa dipilih, pastinya mereka juga akan memilih untuk hidup dengan keadaan fisik normal. Sehingga mereka dapat melewati hari-harinya tanpa bergantung pada orang lain. Mereka juga ingin beraktivitas tanpa dipandang rendah oleh orang lain.

Penyandang disabilitas dapat kita temukan di berbagai lingkup kehidupan masyarakat. Seperti autis, tunarungu, tunadaksa, tunawicara, disleksia, dan berbagai syndrom yang ada. Namun seringkali mereka menjadi korban diskriminasi masyarakat karena perbedaan yang mereka miliki. Bahkan terkadang orang tua dari penyandang disabilitas pun ikut terdiskriminasi.

Pandangan sinis, hinaan tidak mampu hidup normal, dipaksa untuk mampu, atau bahkan dianggap aib oleh orang lain adalah hal-hal yang sering terjadi dalam kehidupan penyandang disabilitas.

Setelah membaca ini, coba kita tanyakan diri sendiri sebagai masyarakat yang punya karakter dan moral. Sebagai masyarakat sosial apakah pantas kita bersikap demikian dengan sesama manusia?

Ada 4 sikap bijaksana yang dapat kita lakukan saat bertemu dengan penyandang disabilitas.

1. Bersikap Ramah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan