Mohon tunggu...
Nur Aini
Nur Aini Mohon Tunggu... Akuntan - I'm hard worker

Be your self Love your self

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Variabel Penting dan Kesalahan dalam Proses Komunikasi Bisnis

17 Oktober 2022   21:16 Diperbarui: 17 Oktober 2022   21:26 1283
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Proses Komunikasi Bisnis

Dalam komunikasi bisnis, terdapat variable komunikasi yang dapat membuat efek, pola, dan perubahan dalam kegiatan komunkasi. Beberapa pakar melaporkan perubahan dalam komunikasi dari pada informasi komunikasi, yang dimana untuk mempelajari kosa kata baru biasanya kita menggunakan variable istilah yang biasa disebut dengan elemen koneksi.

Berikut adalah formula dalam komunikasi bisnis, antara lain :

A. Variabel Sumber

Sumber adalah variabel penting dalam komunikasi bisnis , karena mereka adalah pihak pertama yang mempromosikan komunikasi atau penggagas untuk mendukung proses komunikasi. Selain itu dalam menerima atau menolak sebuah pesan komunikasi sering menimbulkan ketidakpercayaan penerima, respon yang diberikan oleh penerima juga dipengaruhi oleh keandalan messenger dalam membawa pesan.

Contoh : Informasi terkait bahan bakar (BBM), masyarakat akan lebih percaya bila Pertamina yang mengumumkan dibandingkan dengan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI). Meskipun PT KAI juga merupakan salah satu BUMN yang juga konsumen BBM, di sisi lain, informasi tentang kereta api akan lebih kredibel jika diterima dari PT KAI dibandingkan dengan Pertamina. Meskipun karyawan Pertamina dapat melakukan perjalanan dengan kereta api juga.

B. Variabel Pesan Sumber

Utusan adalah perubahan penting dalam komunikasi bisnis. Karena mereka mendukung operator telekomunikasi pertama atau proses telekomunikasi. Selain itu, menerima atau menolak pesan telekomunikasi sering kali merupakan cara menilai keluhan penerima.

Contoh :  seorang manajer bank mungkin mengatakan bahwa saya dapat menerima permintaan pinjaman yang dikirimkan kepadanya oleh bank kami. Pinjaman itu bernilai 5 miliar dolar. Respon saya tentu akan berbeda jika itu datang dari kepala petugas utang bank. Karena untuk urusan pinjaman kepala petugas utang bank lebih andal untuk informasi tersebut dibandingkan dengan seorang manajer bank.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun