Mohon tunggu...
Nur komaria
Nur komaria Mohon Tunggu... pmm 15

Nur komaria

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Untuk Meningkatkan Kesehatan dan UMKM, PMM 15 Mengajarkan Pembuatan Teh Daun Kelor, Desa Jarit, Kabupaten Lumajang

14 Mei 2021   10:16 Diperbarui: 14 Mei 2021   10:21 97 1 0 Mohon Tunggu...

Kebanyakan dari masyarakat indonesia saat sekarang banyak yang belum bisa mengelolah Tanaman yang ada disekitar kita seperti tanaman Daun kelor, Maka dari itu peran  mahasiswa dalam  pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) 15 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuat program kerja mengenai pegelolaan Daun Kelor dijadikan Teh sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat  yang kemudian bisa dipergunakan untuk berwirausaha ataupun untuk kesehatan  dalam kehidupan sehari-hari.

Teh daun kelor ini adalah teh herbal yang ternyata wow bebas kafein yang tentunya sangat bagus untuk kesehatan kita. Dan rasanya juga pasti bakal suka semua . Jadi manfaat yang bisa diambil dengan cara rutin minum teh daun kelor adalah
1. Menurunkan berat badan. Teh daun kelor sangat banyak kandungan nutrisinya sehingga meningkatkan metabolisme tubuh.akibatnya bisa meningkatkan enregi, menyeimbangkan kadar gula darah. Dan ini bagus untuk menurunkan berat badan.
2. Meningkatkan energi. Bisa meningkatkan kebugaran dan vitalitas karena juga tak ada kafeinnya.
3. Penangkal inflamasi. Teh daun kelor bisa mengurangi peradangan dan menghilangkan rasa sakit. Makanya kelor sering disebut dengan obat segala penyakit.
4.Sumber antioksidan. Kandungan flavanoid,polifenol dan asam askorbat sebagai antioksidan bisa menangkal radikal bebas.
5.Untuk kulit.  Teh daun kelor ini adalah minuman anti aging yang bisa meningkatkan produksi kolagen, mengutangi garis-garis halus di permukaan kulit. Akibatnya kulit menjadi halus. Juga bisa menghilangkan jerawat.
6.Meningkatkan sisitim kekebalan tubuh.  Vitamin C yang ada di teh daun kelor ini baik untuk memproduksi sel darah putih sebagai antioksidan yang bisa meperlambat stres oksidatif.

Nah, sebetulnya masih banyak manfaat lainnya dari teh daun kelor ini. Untuk membuat teh daun kelor caranya cukup sederhana . Pertama ambil daun kelor yang masih muda dan segar biasanya dekat dengan pucuknya. Kemudian rendam dalam air bersih agar kotoran-kotorannya hilang. Daun kelor yang sudah bersih ditaruh di nampan besar dan mulai diangin-anginkan saja . Dan dijemur di sinar matahari langsung. Sampai betul-betul kering. Kemudian blender sampai setengah halus setelah itu masukan kedalam kantong teh.

Dengan mengelolah  Daun kelor menjadi teh, alat dan bahan pembuatannya cukup instan dan juga murah dan mudah dijumpai
Alat yang diperlukan dalam pembuatan teh daun kelor
-Blender
-Sendok dan piring
-Kantong teh
-Kemasan 

Sedangkan bahan yang diperlukan adalah
-Daun kelor yang telah dikeringkan

Cara membuat teh daun kelor caranya cukup mudah dan sederhana saja. Langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut :
1.Sediakan daun kelor yang sudah dikeringkan sebelumnya
2.Blender Daun Kelor sampai setengah halus
3.Kemudian setelah halus simpan di piring yang telah disediakan
4.Kemudian masukan bubuk daun kelor kedalam kantong teh, selanjutnya ikat
5.Langkah selanjutnya setelah dimasukan kedalam kantong, kemas dengan menggunakan kemasan yag telah disediakan
6.Simpan teh daun kelor ditempat kering, tidak lembab, setelah itu teh daun kelornya siap dikomsumsi dan diperjual belikan.

Cara membuat minuman teh daun kelor:
1.Sediakan Air panas secukupnya
2.Masukan teh daun kelornya kedalam gelas yang berisi air panas
3.Kemudian aduk dan diamkan sampai melarut
4.Bisa ditambahkan sedikit gula atau madu
5.Kemudain teh daun kelornya siap diminum dan dinikmati bersama cemilan

Tanaman kelor ini berasal dari India yang kemudian menyebar ke berbagai negara di dunia. Memiliki banyak dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari manusia. Dan di Indonesia juga tanaman kelor banyak dimanfaatkan untuk banyak kebutuhan. Jadi tak ada salahnya bisa mengganti teh dengan teh daun kelor yang kaya akan manfaat, rasanya tidak kalah dengan teh pada umumnya, aromanya juga wangi saat tercium saat teh diseduh dengan air panas.

dokpri
dokpri

VIDEO PILIHAN