Mohon tunggu...
Nur Indah Puji Lestari
Nur Indah Puji Lestari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Nur Indah Puji Lestari Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

KKN TEMATIK UPI 2021 : Pengaruh Pemberian Motivasi Belajar dari Guru dan Orangtua Bagi Siswa SDN Rinjani Cirebon dalam Pembelajaran Daring

25 Juli 2021   17:00 Diperbarui: 25 Juli 2021   17:04 132
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Covid-19 atau virus corona sudah menjadi kasus permasalahan yang sangat serius pada saat ini. Seperti yang kita ketahui bahwa virus corona adalah suatu kasus yang telah ada sejak maret 2020 hingga sekarang justru makin meningkat jumlah kasus penyebaran covid-19 ini. Berbagai banyak dampak yang ditimbulkan dari covid-19 ini mulai dari dampak terhadap sektor ekonomi, politik, sosial, budaya, dan pendidikan. Namun yang sangat besar dampaknya dari virus corona ini ialah dalam sektor ekonomi dan pendidikan. Dalam bidang ekonomi ini dimana seluruh lapisan ekonomi masyarakat mengalami kondisi yang sulit dikarenakan banyak masyarakat yang hilang pekerjaannya atau tidak dapat bekerja kembali seperti biasanya. Sedangkan dalam bidang pendidikan dimana seluruh instansi sekolah mengharuskan dilakukannya pengajaran dan pembelajaran daring atau online bagi siswa dan guru.

Dalam upaya penanggulangan covid-19 dalam bidang pendidikan dan ekonomi ini, Universitas Pedidikan Indonesia (UPI) mengadakan program KKN TEMATIK COVID-19 yang merupakan suatu program kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan mahasiswa dengan mengedepankan sifat interdisiplin dan merupakan salah satu kegiatan kurikuler dan bermanfaat sebagai wahana belajar mahasiswa dan masyarakat. KKN TEMATIK UPI ini mengusung tema “Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Mengajar Pada Masa Pandemi Covid-19”.

Proses pembelajaran daring atau online yang dilakukan oleh siswa saat pandemi tentu tidak seperti proses pembelajaran biasanya dan tidak seefektif seperti pembelajaran luring. Pembelajaran daring (dalam jaringan) atau online ini merupakan suatu aktivitas kegiatan belajar yang mana sistem pembelajarannya tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa, mereka melakukan pembelajaran tatap maya dengan menggunakan sistem online. Tentunya pembelajaran daring seperti ini mengharuskan siswa untuk menggunakan media smartphone atau laptop dalam proses belajar. Dalam hal ini anak selalu memegang dan menggunakan smartphone atau laptop sehingga terkadang terdapat beberapa anak yang memang tidak serius mengikuti kegiatan belajar dikarenakan mereka menggunakan media smartphone atau laptop untuk bermain bukan untuk belajar sehingga bisa dikatakan motivasi belajar siswa disini menurun dalam melaksanakan pembelajaran daring atau online. 

Motivasi belajar bagi siswa sangatlah penting ini merupakan salah satu faktor dari keberhasilan pembelajaran yang dilakukan siswa. Tanpa adanya motivasi belajar tentu siswa akan menjadi malas dan proses pembelajaran tidak diikuti dengan baik. Motivasi belajar merupakan suatu dorongan yang timbul dari dalam diri siswa (intrinsik) maupun dari luar diri siswa (ekstrinsik) untuk melakukan kegiatan belajar. Dalam pembelajaran daring atau online seperti ini motivasi dari orang tua siswa dan guru sangatlah berpengaruh besar bagi siswa karena itu merupakan penguat bagi siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Salah satu sekolah yang melakukan pembelajaran daring atau online adalah SDN Rinjani yang terletak di kota Cirebon Jawa Barat. Sekolah tersebut sudah melakukan kegiatan pembelajaran daring sejak dicetuskannya peraturan dari Kemendikbud agar kegiatan belajar mengajar dilakukan dirumah secara online. Dalam kegiatan pembelajaran daring atau online seperti ini biasanya SDN Rinjani melakukan pembelajaran melalui media via Zoom Meeting untuk pelaksanaan proses belajar dengan tatap maya, menggunakan WhatsApp Grup untuk pemberian informasi seputar pembelajaran, kemudian menggunakan Google Form atau Google Classroom untuk pemberian latihan ataupun evaluasi tugas bagi siswa dan media lainnya. Namun pembelajaran seperti itu tidak dapat dikatakan dapat berlangsung efektif atau efisien. Selain menggunakan alternatif media pembelajaran tentunya motivasi belajar siswa pun harus menjadi fokus acuan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Maka dari itu mahasiswa KKN TEMATIK UPI mencoba untuk melakukan pendampingan bagi guru dan orangtua siswa untuk memberikan suatu cara yang perlu dilakukan orangtua dan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Motivasi belajar siswa yang perlu dilakukan oleh guru dalam pembelajaran daring seperti ini yaitu :

  • Pertama, dimulai dengan meningkatkan kualitas guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran karena pembelajaran yang memiliki kualitas yang baik akan menghasilkan hasil belajar yang baik pula
  • Selain itu motivasi belajar lainnya yaitu dengan memilih metode pembelajaran yang tepat bagi guru saat melakukan pengajaran kepada siswa karena pemilihan metode belajar yang tepat maka tujuan belajar akan tercapai lebih mudah dan akan meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga tercipta suasana belajar yang menyenangkan
  • Selanjutnya pihak sekolah juga bisa memberikan dukungan motivasi belajar siswa yang optimal dengan pemberian sumber belajar bagi siswa seperti E-book yang sudah didownload dan nantinya dibagikan kepada siswa, dan alat-alat yang mendukung kegiatan  pembelajaran bagi guru.
  • Kemudian guru juga bisa membuat atau menggunakan media animasi untuk mendukung proses pembelajaran dalam proses penyampaian materi sehingga siswa akan semangat dalam belajar karena menarik dan lebih mudah dimengerti.
  • Cara selanjutnya yaitu melakukan evaluasi belajar bagi siswa, hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dapat berjalan efektif atau tidak. Jika tidak efektif maka guru dapat memodifikasi sistem pembelajaran yang sesuai dengan siswa agar tidak memberatkan siswa sehingga motivasi belajar siswa tidak menurun.

Motivasi belajar siswa yang perlu dilakukan oleh orangtua saat pembelajaran daring atau online seperti ini yaitu dengan melakukan pedampingan bagi anak-anaknya saat melakukan pembelajaran daring. Apabila anak mengalami kesulitan saat belajar disinilah peran orang tua untuk membimbing anaknya saat belajar seperti guru bagi anak-anaknya dirumah. Orangtua harus intens dalam melihat perkembangan anak saat belajar, apabila anaknya terlihat suka bermain saat belajar disini orangtua mengingatkan anaknya untuk tidak bermain-main saat belajar. Orangtua memberikan semangat belajar dan pemberian hal positif bagi anak agar pola pikir anakpun ikut positif sehingga anak terdorong atau termotivasi untuk belajar. Agar anak lebih termotivasi lagi saat belajar tidak salah bagi orangtua untuk memberikan reward atau hadiah bagi anak apabila hasil belajarnya baik, disini biasanya anak-anak apabila diberikan hadiah seperti itu berpengaruh juga bagi semangat belajarnya.

Demikianlah tips atau cara yang diberikan oleh mahasiswa KKN TEMATIK UPI dalam pedampingan guru dan orangtua siswa untuk meningkatkan motivasi belajar siswa saat pembelajaran daring atau online diera pandemi covid-19 saat ini, semoga bermanfaat dan bisa diterapkan guru serta orangtua siswa semua.

Nur Indah Puji Lestari

1801633

Mahasiswa Pendidikan Akuntansi 2018

Universitas Pendidikan Indonesia

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun