Mohon tunggu...
Agustian Deny Ardiansyah
Agustian Deny Ardiansyah Mohon Tunggu... Guru - Guru yang tinggal di Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Setiap tulisan yang saya tulis dan memiliki nilai manfaat pada blog kompasiana ini, pahalanya saya berikan kepada Alm. Ayah saya (Bapak Salamun)

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Ujian Praktik SIM C Tak Lagi Seperti Main Sirkus, Apa Saja yang Berubah?

9 Agustus 2023   07:10 Diperbarui: 9 Agustus 2023   07:19 441
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sirkuit uji praktek SIM C untuk roda dua di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM Kepolisian Resor Kulon Progo, DIY/KOMPAS.com/DANI J

Kapan terakhir kali anda mengikuti ujian pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM)?.

Terakhir kali saya melakukannya pada tahun 2018 ketika masih menjadi seorang mahasiswa.

Kala itu saya mendaftar untuk mendapatkan SIM C atau SIM yang digunakan sebagai pelengkap berkendara bagi pengguna sepeda motor.

Kala itu untuk mendapatkan SIM C saya harus melalui beberapa prosedur.

Prosedur itu seperti, mengumpulkan berkas kepada pihak polres, membayar biaya administrasi, melakukan ujian teori, melakukan ujian praktik mengemudi, perekaman data diri dan biometrik serta terakhir pengambilan SIM yang telah dicetak dan jadi.

Yang paling unik menurut saya dalam proses pembuatan SIM tersebut adalah ketika melakukan ujian teori dan praktik.

Karena pada uji teori selain kita mengisi beberapa isian tentang tata cara mengemudi juga melakukan simulasi menggunakan alat simulasi kendaraan seperti main game.

Sedangkaan disaat ujian praktik saya harus melalui halang rintang yang berbentuk angka 8 dan zig zag, saat itu dalam ingatan saya saya harus mengulagi 2 kali karena sempat terjatuh.

hal itu terjadi karena saya baru pertama kali mencoba halang rintang tersebut, kedua karena lintasan yang sulit dan sempit.

Namun saya harus bersykur karena ketika kesempatan ke-3, saya berhasil lolos sehingga masuk pada tahap berikutnya yaitu perekaman data diri dan biometrik untuk pencetakan SIM.

Namun saya yakin tidak semua orang mengalami hal yang sama seperti yang saya alami.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun