Mohon tunggu...
Nugroho Purbohandoyo
Nugroho Purbohandoyo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Humas RSI Banjarnegara

senang menulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Tiga Tips Sederhana Turunkan Kadar Gula Darah Menurut Dokter Syarif Hadi

5 Juli 2022   10:25 Diperbarui: 5 Juli 2022   10:25 32 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Tiga Tips Sederhana Turunkan Kadar Gula Darah

BANJARNEGARA - Dokter Syarif Hadi dokter RSI Banjarnegara memberikan tiga tips sederhana turunkan kadar gula darah,bagi penderita diabetes.

Apakah Anda menderita diabetes tipe 2? Apakah Anda mengalami masalah dengan kadar gula darah Anda yang melonjak? Apakah Anda ingin tahu cara mengontrol level ini secara alami?

Syarif menegaskan,jika ini bukan cara untuk mengganti obat yang sedang dikonsumsi, haya sebagai cara alami untuk dapat melengkapi obat diabetes sebagai kontrol yang lebih baik dari kadar gula darah Anda.

1. Hindari karbohidrat "jahat".
Mengontrol gula darah tanpa menghindari penyebab yang sebenarnya hampir bisa dipastikan itu tidak mungkin. Karbohidrat 'jahat' adalah karbohidrat sederhana. Sederhana cenderung dicerna lebih cepat sehingga menyebabkan kadar gula darah tinggi dan terjadi lonjakan gula darah.

"Jadi, untuk mencegah gula dalam darah meningkat, menghindarinya tentu saja merupakan persyaratan. Makanan yang memiliki karbohidrat buruk diantaranya kue, permen, kue kering, makanan panggang yang manis, roti putih dan selai.

2. Makan banyak serat
"Serat dalam buah-buahan, sayuran dan biji-bijian diketahui membantu mengontrol gula darah pada penderita diabetes," sebutnya.

Diet tinggi serat secara harfiah dapat meningkatkan sekresi insulin sehingga menurunkan gula darah. Jadi, jika penderita diabetes tipe 2, memasukkan serat ke dalam makanan dapat membantu mengendalikan gula darah.

3. Bangun dan berolahraga.
Sekarang diketahui fakta bahwa sebagian besar yang mengalami obesitas dan banyak orang gemuk adalah penderita diabetes tipe 2. Untuk mencegah diabetes tipe 2 dan mengontrol gula darah, cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan melakukan olahraga rutin yang dikombinasikan dengan rencana makan yang sehat.

"Olahraga teratur, khususnya latihan ketahanan, memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar hemoglobin glikosilasi. Latihan ketahanan meningkatkan simpanan energi sel otot individu yang menghasilkan kontraksi otot yang lebih efisien," papar Syarif.

Ia menegaskan, hampir setiap penelitian menunjukkan olahraga secara khusus bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2 dalam jangka panjang dan menyerang lemak visceral serta kadar lipid. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan