Mohon tunggu...
Kyla Zahra Davita
Kyla Zahra Davita Mohon Tunggu... Lainnya - Siswa

Civic itu menyenangkan!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mempertahankan Persatuan dan Kesatuan Bangsa di Era Globalisasi

18 Mei 2022   23:18 Diperbarui: 18 Mei 2022   23:24 344 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Indonesia merupakan negara yang memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu. Dengan banyaknya perbedaan dan keragaman yang dimiliki Indonesia, membuatnya rawan terhadap ancaman baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Ancaman dari dalam negeri seperti intoleransi, korupsi, radikalisme, dan kemiskinan. 

Ancaman dari luar negeri seperti adanya globalisasi yang membuat memudarnya budaya yang ada di Indonesia. Untuk mencegah terjadinya ancaman-ancaman tersebut, kita harus menerapkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari. 

Makna persatuan dan kesatuan bangsa merupakan hal yang wajib dipahami oleh seluruh masyarakat Indonesia. Persatuan dan kesatuan sangat penting untuk mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan bangsa. Bagi Bangsa Indonesia, persatuan dan kesatuan melambangkan terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.  

Persatuan dan kesatuan itu sendiri berasal dari kata "satu" yang berarti utuh dan tidak terpecah belah. Persatuan merupakan proses dalam keadaan membentuk masyarakat untuk bersatu, sedangkan kesatuan adalah wujud bersatunya masyarakat yang sudah terbentuk.

Di era globalisasi ini, tentunya membuat budaya kita lama kelamaan terkikis karena banyaknya budaya yang masuk. Adanya teknologi yang meringankan pekerjaan manusia ternyata juga termasuk salah satu faktor yang membuat budaya kita terancam hilang. 

Seperti ronda malam yang biasanya dilakukan bersama sekarang tidak lagi dilakukan dan digantikan oleh kamera pengawas, budaya gotong royong yang sudah jarang ditemui, dan lain-lain. 

Selain itu, saat ini juga banyak orang yang mempermasalahkan perbedaan yang terdapat pada diri tiap individu, seperti ras dan agama. Mereka mengucilkan orang yang mereka anggap berbeda dan menyebabkan perpecahan pada masyarakat sampai tidak menyadari bahwa mereka merupakan satu, yaitu Indonesia. 

Sebagai generasi muda Indonesia, kita harus menjaga kedamaian juga keamanan negeri kita. Kita harus memiliki kesadaran kuat tentang adanya sebuah persatuan dan kesatuan, juga wawasan kebangsaan. 

Kita juga harus memiliki pendidikan yang tinggi supaya dapat mengetahui, berfikir, dan bertindak secara bijak dalam menghadapi setiap situasi. Sebagai pelajar, kita juga dapat turut menjaga kedamaian negeri kita tercinta di era globalisasi ini, contohnya yaitu :

  1. Saling menghargai dan menghargai antar teman

Kita harus memiliki sikap toleransi, saling menghormati seperti  menghormati tradisi dan agama masing-masing, saling menghargai, dan seluruh aspek lainnya supaya tidak terjadi pertengkaran.  

  1. Selektif ketika bermain media sosial

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan