Mohon tunggu...
Dr Ing. Suhendra
Dr Ing. Suhendra Mohon Tunggu... Dosen - Konsultan, technopreneur, dosen, hobby traveller

Tinggal di Jogja, hoby travel dan baca. Sehari-hari sebagai konsultan, dosen dan pembina beberapa start-up

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Smart Energy di IKN sebagai Energi Persatuan Bangsa

4 Maret 2024   19:30 Diperbarui: 10 Maret 2024   15:39 384
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Foto pribadi.

Dr.-Ing. Suhendra

Dalam banyak penjelasan pemerintah, pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru merupakan langkah monumental Indonesia dalam menegaskan kembali identitas nasionalnya, sambil memosisikan diri sebagai pemain kunci dalam arena global sebagai salah satu kota berkelanjutan terdepan di dunia. Dengan desain yang memadukan inovasi terkini dan kearifan lokal, IKN diharapkan menjadi pusat baru penggerak ekonomi Indonesia, menjanjikan pertumbuhan dan kemakmuran bagi generasi mendatang.

Pembangunan ini tidak hanya mencerminkan upaya negara untuk mengubah paradigma pembangunan menjadi lebih Indonesia-sentris, tetapi juga merupakan langkah konkret menuju realisasi Visi Indonesia 2045.

Karenanya, tulisan ini berupaya memberikan uraian singkat pendekatan yang holistik dan berkelanjutan agar IKN menjadi simbol dari kemajuan Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan, memperkuat posisi negara di panggung internasional sebagai pemimpin dalam pembangunan berkelanjutan dan inovasi kota.

Tema yang diusung pada tulisan ini adalah penerapan teknologi smart energy (energi cerdas/ EC) yang perlu menjadi perhatian untuk penerapan di IKN nantinya.


Secara umum, teknologi EC menggabungkan inovasi digital terkini dengan sistem manajemen energi untuk menciptakan cara yang lebih efisien, berkelanjutan, dan aman dalam memproduksi, mendistribusikan, dan mengonsumsi energi.

Wajah sebuah bangsa di masa depan dilihat dari sebera cerdas para pemimpinnya membangun kota-kota mereka dengan sentuhan EC. Karenanya, mendandani kota-kota penting dengan EC akan menjadi catatan sejarah cara bangsa-bangsa mengelola potensi besar sumber daya energi yang mereka miliki.

Selain itu, pemimpin yang sukses membuat navigasi masa depan pembangunan yang berkelanjutan perlu menggali aplikasi teknologi EC menjadi kunci penting dalam membangun kota.

Di tengah hiruk pikuk kritikan pencabutan kebijakan subsidi energi, membangun kota dengan EC harus jadi tonggak baru keseriusan pemerintah untuk selalu hemat mana kala mengharuskan volume besar penggunaan energi untuk pembangunan.

Karenanya, efisiensi energi merupakan aspek krusial dalam strategi pembangunan dan kebijakan energi suatu bangsa. Dengan pernak-pernik EC pada tiap pojok kota, diharapkan membentuk karakter baru yang kuat untuk pemerintah dalam memberikan manfaat multidimensi yang signifikan bagi rakyat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun