Mohon tunggu...
Suprihati
Suprihati Mohon Tunggu... Pembelajar alam

Penikmat coretan ringan dari dan tentang kebun keseharian. Blog personal: https://rynari.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Seni Berkebun: Menanam Jahe Merah dalam Pot di Pekarangan Mini

9 Maret 2020   19:45 Diperbarui: 15 Maret 2020   08:37 2776 32 19 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Seni Berkebun: Menanam Jahe Merah dalam Pot di Pekarangan Mini
Panenan jahe merah dari pot (dok pri)

Harga jahe merah di pasar menembus Rp 100.000/kilogram (kg) dari yang biasanya Rp 50.000/kg. Laporan pantauan detikcom di Pasar Tebet, Jakarta, Minggu (8/3/2020). Memenuhi kaidah pasar, peningkatan permintaan saat sediaan tetap, menyebabkan kenaikan harga.

Merebaknya pemberitaan virus Corona dan peningkatan stamina tubuh dengan senyawa kurkumin, menyebabkan perburuan empon-empon meningkat. Salah satunya adalah rimpang jahe. Di pasar tersedia kategorial jahe badak/gajah yang berukuran besar, jahe emprit dan jahe merah.

Mata saya nyalang melihat rumpun jahe merah dalam pot, bagian hobi berkebun di pojokan pekarangan mini. Beberapa kali memanennya, untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Menghadirkan rasa senang membuat minuman jahe hasil panenan sendiri.

Memanen dan menanam jahe merah di pot
Suatu waktu saya berkesempatan menunggui Mbak Im, asisten di rumah, mencabuti rumput di pojokan belakang. Melihat tanaman jahe merah dalam pot dengan rumpun penuh dan tanahnya memadat mengeras, ia memanennya.

Semula pot diketuk dari samping maupun bawah agar tanahnya mudah lepas, karena kalau tanaman dicabut batangnya akan putus. Sambil bekerja ia menceritakan bahwa bibit jahe seukuran pucuk jari dia peroleh dari tetangga.

Secara berkala jahe di pot dipupuk dengan kompos jadi. Adakalanya dipupuk dengan panenan tabungan pangkasan rumput juga tangkai petikan sayuran yang telah ditabung di lubang resapan biopori/LRB.

Lumayan, dari pot diameter 30 cm diperoleh sekitar 2 ons jahe. Hasil panen dipilah. Sebagian untuk konsumsi. Anakan jahe yang berasal dari bagian mata jahe dipilah untuk ditanam lagi.

Memanen jahe merah dari pot (dok pri)
Memanen jahe merah dari pot (dok pri)
Media tanam yang digunakan berupa campuran tanah dengan kompos atau pupuk kandang. Utamanya menyediakan tanah yang gembur agar pertumbuhan rimpang jahe tanpa penghambat. Bibit yang baru ditanam diletakkan di areal yang teduh.

Setelah tumbuh segar, berangsur ditanam di tempat yang terbuka mendapat sinar matahari penuh. Pemeliharaannya dengan penyiraman secara berkala sesuai kebutuhan. Pendangiran dilakukan bersamaan dengan pemupukan.

Menanan jahe merah dalam pot (dok pri)
Menanan jahe merah dalam pot (dok pri)
Kapan panen jahe merah dilakukan? 

Jahe merah yang berumur 10 -- 12 bulan, sudah dapat dipanen. Untuk mendapatkan rasa pedas tertinggi, mari tunggu hingga tanaman jahe merah berumur genap satu tahun. Awam menyebutnya jahe tua dengan ukuran dan kadar minyak atsiri terbaik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN