Mohon tunggu...
Novita Mulyani
Novita Mulyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian,Fakultas Pertanian, Universitas Lampung

Teruslah belajar dan berjuang. Teruslah menulis yang bermanfaat.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Platform Pangan Fungsional Rempah Jahe sebagai Solusi Peningkatan Imunitas Tubuh di Era Pandemi Covid-19

27 Juli 2021   16:17 Diperbarui: 27 Juli 2021   16:44 49 1 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

PENDAHULUAN

Indonesia merupakan negara dengan potensi keanekaragaman hayati yang luas mulai dari kekayaan alamnya salah satunya kekayaan akan rempahnya, sehingga rempah rempah dengan mudah tumbuh di Negara Indonesia.  Indonesia memiliki sumber daya hampir 940 spesies yang telah diketahui kandungan dan khasiatnya. Kehadiran rempah-rempah di Indonesia pada zaman dahulu telah mulai dimanfaatkan sebagai minuman tradisional untuk mengobatai penyakit dan diwariskan hingga saat ini. 

Rempah- rempah merupakan tanaman yang memiliki antioksidan tinggi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Peningkatan imunitas tubuh dapat menjadi bentuk pertahanan dalam melawan korona virus.  Komite Penanganan Covid-19.  Penyebaran virus bergantung pada tingkat kekebalan tubuh seseorang. 

Apabila sistem imun menurun, seseorang akan lebih berisiko terserang virus. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan pada tahun 2018 memaparkan bahwa cukup banyak masyarakat Indonesia mengalami gangguan kesehatan yang fatal ketika terinfeksi virus corona akibat dari pola makan yang tidak sehat. 

Oleh karena itu, salah satu langkah untuk menjaga sistem imun di tengah pandemi covid-19, yaitu dengan mengkonsumsi sumber pangan fungsional dengan olahan rempah yang ada di Indonesia. Indonesia memiliki sumber daya alam yang berlimpah, termasuk jenis tanaman-tanaman herbal yang kaya akan kandungan antioksidan. Beberapa Jenis-jenis tanaman herbal tersebut yang telah diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang dapat diolah dalam bentuk pangan fungsional.

Tanaman rempah tergolong jenis tanaman yang bersifat sebagai aromatik hal ini dikarenakan  kandungan senyawa fitokimia yang ada pada rempah tersebut, dan banyak digunakan dalam produk makanan sebagai pemberi cita rasa, atau sebagai bumbu masakan, pengharum dan pengawet makanan. 

Tanaman rempah telah diketahui memiliki beragam khasiat dari segi kesehatan salah satunya tanaman jahe. Indonesia sendiri terkenal memiliki beragam jenis tanaman rempah secara turun temurun telah digunakan sebagai bahan pangan yang berpotensi memiliki khasiat bagi kesehatan seperti jamu tradisional  rempah yang diketahui memiliki berbagai khasiat yang beragam mulai dari menghilangkan masuk angin, mengobati flu, batuk, hingga dipercaya mampu mengobati kanker, diabetes, dan darah tinggi. 

Oleh karena itu, untu menyikapi kondisi covid-19 saat ini diperlukannya pangan fungsional sebagai olahan untuk meningkatkan imunitas tubuh dalam menangkal bakteri maupun benda asing yang akan menggangu kesehatan tubuh seseorang.

ISI

Tanaman Rempah yang Berpotensi sebagai Rempah Pangan Fungsional di Indonesia.
Tanaman rempah yang ada di Indonesia saat ini telah lama digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu cara dan alternatif bahan campuran makanan atau untuk menyembuhkan dan mencegah munculnya berbagai penyakit di dalam tubuh. Beberapa Kandungan senyawa fitokimia di dalam bahan rempah disebut sebagai senyawa yang berperan dalam aktivitasnya yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. 

Tanaman rempah Jahe merupakan salah satu tergolong tanaman rempah yang diketahui berasal dari Asia Pasifik yang tersebar dari India sampai Cina dan hingga saat ini telah tersebar di daerah tropis, benua Asia dan kepulauan Pasifik. Tanaman rempah ini dapat tumbuh pada kondisi tanah yang gembur, aerasi yag baik dan kaya bahan organik dengan ketinggian 300-900 meter di atas permukaan laut (dpl). Di Negara Indonesia sendiri, jahe dapat ditemukan di semua daerah dengan sebutan khas di setiap daerah yang berbeda seperti sipadeh (Minangkabau), jae (Jawa tengah), jahya (Bali), lai (Dayak), goraka (Manado), dan lali (Papua), dari segi penghasil jahe daerah utama penghasil jahe adalah wilayah Jawa Barat, Banten, dan Jawa Tengah.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan