Mohon tunggu...
Novi Setyowati
Novi Setyowati Mohon Tunggu... Lainnya - berbagi pengalaman, cerita, dan pengetahuan

berbagi pengalaman, cerita, dan pengetahuan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Beberapa Bentuk Persiapan Sebelum Berangkat Studi ke Luar Negeri

6 Juli 2021   11:50 Diperbarui: 7 Juli 2021   01:40 471 26 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Beberapa Bentuk Persiapan Sebelum Berangkat Studi ke Luar Negeri
Ilustrasi studi di luar negeri| Sumber: Shutterstock via Kompas.com

Offer letter dari kampus tujuan: checked!
Sumber pembiayaan: checked!

Bagi yang berkeinginan untuk menempuh studi di luar negeri, dua hal tersebut sebenarnya adalah dua hal pokok yang harus dipenuhi ketika akan berangkat studi.

Idealnya, dua hal tersebut sudah ada kejelasan saat masih di negara asal. Dengan begitu, hematnya, tidak usah lagi kebingungan saat berada di negara tujuan. Tinggal datang saja dan mempersiapkan diri untuk kegiatan perkuliahan.

Namun, sesaat sebelum memastikan keberangkatan ke negeri seberang, ada juga beberapa persiapan yang patut kita lakukan agar persiapan keberangkatan menjadi lebih lancar dan memudahkan kita saat tiba di negara tujuan.

Cologne, Jerman (Dokumentasi pribadi)
Cologne, Jerman (Dokumentasi pribadi)

1. Bahasa

Karena akan merantau ke negara asing, ada baiknya kita memastikan kemampuan bahasa asing kita memadai untuk membantu kita dalam berkomunikasi di negara tujuan.

Paling tidak, kita harus menguasai di level dasar untuk percakapan sederhana. Selanjutnya, kita bisa lebih melancarkan lagi kemampuan bahasa ini nanti di negara tujuan, seiring berjalannya waktu.

Hal ini tentu saja penting, karena mau tidak mau, kita akan lebih banyak berinteraksi dengan masyarakat lokal. Jika tidak menguasai bahasanya, pasti akan kesulitan dalam berkomunikasi.

Setidaknya, kemampuan Bahasa Inggris haruslah memadai, meski tak menguasai bahasa asli negara setempat. Masyarakat lokal pun pasti akan mengerti jika kita lebih banyak berbicara Bahasa Inggris. Maklum, mereka pasti juga paham jika kita bukanlah warga negara mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN