Mohon tunggu...
Novi Setyowati
Novi Setyowati Mohon Tunggu... berbagi pengalaman, cerita, dan pengetahuan

berbagi pengalaman, cerita, dan pengetahuan

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Bergabung dengan Open Trip, Pilihan Hemat Jelajahi Labuan Bajo

15 Juni 2021   20:02 Diperbarui: 16 Juni 2021   19:31 687 21 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bergabung dengan Open Trip, Pilihan Hemat Jelajahi Labuan Bajo
Pemandangan Labuan Bajo dari Hostel (Dokumentasi pribadi)

Labuan Bajo, salah satu destinasi wisata di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang mendunia berkat ikon kebanggaan Indonesia, yakni Komodo. Meskipun pada hakikatnya, bukan hanya Pulau Komodo yang menjadi keistimewaan dari wisata di Flores ini. 

Namun, memang yang sangat dikenal dari wisata Labuan Bajo ini adalah Pulau Komodo dengan habitat Komodo liarnya yang masih ada hingga saat ini.

Bahkan sejak 2019, Labuan Bajo telah diwacanakan sebagai salah satu wisata premium Indonesia, yang salah satunya bertujuan untuk menggaet banyak wisatawan mancanegara demi membangkitkan perekonomian sekitar. 

Dilansir dari Kompas (28/11/2019), Labuan Bajo memang dipersiapkan untuk pasar dunia untuk menambah devisa negara sehingga diharapkan pengelolaannya tidak sama dengan pengelolaan destinasi wisata non-premium lainnya. 

Mendengar kata premium, sudah pasti kita akan berpikir tentang nominal yang harus disiapkan untuk berkunjung ke pulau ini. Hal ini karena kata premium memang erat kaitannya dengan harga yang relatif lebih mahal dari biasanya.

Tak ayal, mendengar Labuan Bajo sebagai wisata premium terkadang membuat hati merasa enggan untuk berkunjung ke sana karena khawatir membutuhkan biaya yang tak sedikit. Namun, di sisi lain, rasanya sayang sekali jika melewatkan kesempatan untuk bertemu dengan komodo secara langsung di negeri sendiri. Betul tidak?

Nah, sebenarnya, ada pilihan menarik bagi para backpacker ataupun traveler untuk berkunjung ke Labuan Bajo dengan harga yang relatif terjangkau, yakni bergabung dengan Open Trip yang sudah menjadi tren di beberapa tahun terakhir.

Bersama grup Open Trip di Pulau Kelor (Dokumentasi pribadi)
Bersama grup Open Trip di Pulau Kelor (Dokumentasi pribadi)
Apa itu Open Trip?

Open Trip merupakan suatu agenda kegiatan wisata yang ditawarkan oleh agen wisata ataupun perorangan yang memiliki jaringan tertentu di tempat-tempat wisata tertentu (misalnya koneksi dengan pemilik kapal, dengan pemilik penginapan, dan juga dengan pemandu wisata), kepada khalayak ramai yang umumnya ditawarkan melalui media sosial.

Sederhananya, ketika bergabung dengan Open Trip, kita akan berwisata dengan orang-orang lain yang tak dikenal, sekadar hanya untuk memenuhi kuota satu perjalanan dengan harga yang bisa dibayarkan secara gabungan.

Skema seperti ini tentu sangat menguntungkan, diantaranya:

  • Tidak perlu repot lagi dengan itinerary, karena pelaksana Open Trip telah menyediakan jadwal wisata lengkap dengan destinasi wisata dan kegiatan wisata yang bisa dilakukan di sana;
  • Tidak perlu susah mencari alternatif transportasi, karena rute perjalanan dan sarana transportasi pun sudah disiapkan oleh pelaksana Open Trip;
  • Jadwal makan sudah tersedia lengkap dengan menunya, sehingga tak perlu lagi repot memikirkan faktor pangan saat berwisata;
  • Untuk destinasi wisata yang terhitung mahal, menjadi lebih terjangkau dengan pembayaran secara gabungan dengan peserta wisata lainnya di grup Open Trip;
  • Untuk beberapa kasus, penginapan juga sudah tercakup dalam harga paket Open Trip yang ditawarkan, sehingga kita tidak lagi perlu mencari tempat menginap sendiri;
  • Menemukan teman-teman baru selama wisata, karena berada dalam grup Open Trip yang sama;
  • Bisa menyesuaikan jadwal wisata dengan pilihan-pilihan tanggal yang disediakan oleh pelaksana Open Trip.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN