Kesehatan Pilihan

Kesehatan Mahasiswa UIN Malang Dilihat Berdasarkan Pola Kegiatan Sehari-hari

7 Desember 2017   20:17 Diperbarui: 7 Desember 2017   20:20 543 0 0

Penerimaan mahasiswa baru Universitas Islam Negeri Mulana Malik Ibrahim Malang lebih dari 3000 mahaiswa. Mahasiswa baru di kampus ini wajib bertempat tinggal di asrama atau yang lebih dikenal dengan Mahad Sunan Ampel Al-Aly (MSAA). Mahasiswa baru memiliki kegiatan yang cukup banyak, mereka tidak hanya disibukkan dengan perkuliahan reguler namun ditambahkan dengan kegiatan mahad dan perkuliahan tambahan wajib, yakni Program Khusus Pengembangan Bahasa Arab (PKPBA

Hal diatas juga berlaku bagi mahasiswa baru. Mereka diwajibkan untuk mengikuti kegiatan ma'had di hari aktif mulai dari pukul 04.00 pagi sampai dengan pukul 07.30, sedangkan perkuliahan reguler di mulai pada pukul 08.10. Jarak yang dibutuhkan mahasiswa untuk sampai di gedung perkuliahan ada yang 10 menit, 15 menit, dan 20 menit, hal ini dikarenakan gedung kuliah berada di berbagai area.

Dari beberapa pengamatan yang saya lakukan, ketersediaan waktu yang begitu sempit menyebabkan banyak mahasiswa baru tidak menyempatkan diri untuk sarapan pagi. Hal ini tentu akan berdampak pada kesehatan mahasiswa tersebut. Menurut Jurnal Kedokteran Syiah Kuala volume 12 Nomor 1 April 2012 jika pola makan seseorang sehat, maka kondisi fisik tubuhnya akan lebih terjamin, sehingga tubuh dapat melakukan aktifitasnya dengan baik pula. Dengan tubuh yang sehat, orang akan lebih bersemangat untuk bekerja, berpikir dan akan lebih produktif.

Dari beberapa survei yang saya lakukan mahasiswa UIN Maliki berpola hidup tidak sehat, karena sebagian dari mereka melakukan pola makan yang tidak teratur dan kurangnya asupan gizi yang seimbang. Dalam keseharian mahasiswa baru sebagian dari mereka tidak melakukan sarapan pagi karena mereka terburu-buru untuk masuk kuliah. Ditambah dengan jadwal ma'had yang selesai 07.30 sedangkan jadwal perkuliahan mereka jam 08.10 tidak banyak juga mahasiswa yang belum mempersiapkan diri untuk masuk kuliah, seperti mandi, menyiapan buku, dan make up khususnya kaum hawa.

Hasil dari beberapa mahasiswa yang saya wawancarai mereka tidak berpola hidup sehat, salah satunya mereka suka memakan makanan siap saji dan instant. Salah satu mahasiswa yang saya wawancarai yaitu Fatimah Azzahra dia merupakan sala satu mahasiswa PAI semester satu, menurut zarah makanan instant itu hemat di kantong mahasiswa selain hemat makanan instant mudah untuk dimasak dan mudah untuk dicari.

Tetapi tidak semua mahasiswa melakukan pola hidup tidak sehat, salah satu mahasiswa yang melakukan pola hidup sehat adalah Febriyanti mahasiswa Bahasa dan sastra Arab (BSA) menurut dia pola hidup sehat salah satunya dengan olahraga dan makan makanan yang sehat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, kata dia sehari kita harus makan buah-buahan dan sayur-sayuran yang setengah matang agar kandungan gizinya tetap terjaga. Jadi anak mudah saat ini khususnya mahasiswa suka akan makanna instant dan siap saji tetapi tidak semua mahasiswa suka akan makanan siap saji sebagian dari mereka suka makanan sehat seperti mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.