Mohon tunggu...
Novel Abdul Gofur
Novel Abdul Gofur Mohon Tunggu... Konsultan - Konsultan di Bidang Kepemerintahan yang sudah pengalaman di sektor / isu pembangunan berkelanjutan selama 20 tahun

Lahir di Jakarta 28 Maret 1975 dan menempuh pendidikan S1 di UI Jurusan Adm Negara (FISIP) 2000, dan S2 di Makati, Phillipine, Asian Institute of Management (AIM), jurusan Development Management, 2005. Bekerja di sektor kepemerintahan untuk pembangunan berkelanjutan.

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Pimimpin yang Ber-Pelayanan Publik

7 Februari 2020   08:07 Diperbarui: 10 Februari 2020   19:23 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Birokrasi. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Usulan-usulan masyarakat yang dihasilkan di Musrenbang (Musyawarah dan Rencana Pembangunan) akan mengeluarkan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh para Perangkat Daerah (PD) di suatu Kota, Kabupaten atau bahkan Provinsi. 

Program/kegiatan ini haruslah terukur dengan jelas perihal target kinerja sampai dengan dampak dari suatu program / kegiatan tersebut. Selain itu, suatu program / kegiatan akan berdampak bagus pabila itu dapat dilanjutkan atau berkelanjutan, dalam hal ini dapat dilakukan oleh pihak masyarakat atau non pemerintah (swasta, dll) tanpa mengeluarkan pembiayaan yang besar dari pemerintah daerah.

Semisal, RPRTA-RPRTA yang ada di Jakarta dapat dikelola oleh tingkat lokal / langsung komunitas atau non komunitas, seperti lembaga2 niaga / swasta melalui CSRnya ataupun Lembaga CSO lainnya.

Pelibatan swasta untuk keberlanjutan program / kegiatan dapat menguntungkan Pemda. Selain dari pendanaan, biasanya pihak swasta kerap mempunyai updated teknologi /  pengetahuan,  dan ini bisa ditularkembankan ke pihak Pemda.

Yang terakhir, kerjasama diantara Tim Yang Baik 

Ini akan menjadi unsur yang amat penting dalam mengeksekusi visi - misi serta program dan kegiatan yang diusung Kepala Daerah. Apabila program / kegiatan Kepala Daerah tidak didukung dengan tim yang baik dan mumpuni, dari Tim Sukses Gubernur, Kepala Dinas sampai dengan Camat/Lurah, keniscayaan masyarakat akan mendapatkan pelayanan yang baik itu pasti tidak terwujud.


Ketrampilan, mental, serta sikap keprofesional lainnya yang dibutuhkan harus ada di para anggota tim untuk mendukung program / kegiatan Kepala Daerah dapat terlaksana.

Catatan sesi kelas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah, Forum Pembangunan Indonesia, Jakarta, 22 Juli 2019, Jakarta

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun