Mohon tunggu...
nova aas
nova aas Mohon Tunggu... Lainnya - Hamba Allah
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

tawakal

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Menggugah Motivasi Kerja dari dalam Diri

14 Oktober 2021   13:58 Diperbarui: 14 Oktober 2021   14:11 85 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hallo guys, kali ini saya akan membahas sedikit mengenai motivasi kerja. Apa sih motivasi kerja itu ? apa saja faktor yang mempengaruhi ? bagaimana kita bisa memperolehnya ? oke langsung saja kita bahas bersama.

Motivasi kerja itu kekuatan dalam diri yang dapat membangkitkan, mengarahkan dan mempengaruhi seseorang untuk memiliki intensitas dan ketekunan perilaku sukarela dalam melakukan suatu pekerjaan. Motivasi kerja yaitu sekumpulan kekuatan atau energi baik dari dalam maupun di luar pekerjaan, dimulai dari usaha yang berkaitan dengan pekerjaan, mempertimbangkan arah, intensitas dan ketekunannya.

Menurut Miftahun dan Sugiyanto (2010), motivasi kerja adalah suatu usaha yang dapat menimbulkan suatu perilaku, mengarahkan perilaku, dan memelihara atau mempertahankan perilaku yang sesuai dengan lingkungan kerja dalam organisasi.

Menurut Robbins dan Judge (2013), motivasi kerja adalah kesediaan untuk mengeluarkan tingkat upaya yang tinggi kearah tujuan-tujuan organisasi, yang dikondisikan oleh kemampuan upaya tersebut untuk memenuhi suatu kebutuhan individu.

Motivasi melibatkan dua faktor yaitu faktor individual dan faktor organisasional. Yang tergolong ke dalam faktor individual yang dapat memberikan pengaruh terhadap motivasi kerja yaitu tujuan, sikap dan kemampuan. Sedangkan yang tergolong ke dalam faktor organisasional yang dapat memberikan pengaruh terhadap motivasi kerja karyawan adalah gaji, keamanan pekerjaan dan hubungan sesama rekan kerja. Pemberian motivasi dengan tepat akan dapat menimbulkan semangat, gairah dan keikhlasan kerja dalam diri seseorang.  

Nah, kali ini saya hanya akan membahas mengenai motivasi kerja yang berasal dari individu itu sendiri. Karena kekuatan terbesar  menurut saya ya berasal dari dalam diri. Seperti yang pernah dikatakan oleh seseorang bahwa " dirimu bersama dengan dirimu sendiri". Nah itu artinya, semua berasal dari kita sendiri. Motivasi dari dalam diri juga bisa diibaratkan dengan telur. " Jika telur dipecahkan dengan kekuatan dari luar, maka kehidupan yang berada di dalamnya akan berakhir (mati). Tapi jika telur dipecahkan dengan kekuatan dari dalam, justru akan muncul kehidupan baru. Ketika cangkang telur diketuk dari luar, diibaratkan mendapat suatu perubahan diri harus dilakukan atau diberi motivasi dan mungkin juga dipaksa oleh orang lain. Hasilnya bisa jadi sementara atau tak ada yang tertinggal dari paksaan-paksaan tersebut untuk dipelajari atau direnungkan. Berbeda dengan telur yang menetas, diibaratkan seseorang berusaha berubah karena kesadaran dirinya sendiri yang berdampak pada munculnya sosok baru yang akan berkembang lebih baik.

 

Hal apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan motivasi kerja ?

Menyeimbangkan waktu istirahat dan bekerja

          Sebagian orang mungkin terlalu sibuk bekerja sehingga mengabaikan waktu istirahat mereka. Hal tersebut dapat membuat kita merasa kelelahan baik secara fisik ataupun psikis, sehingga kita mulai kehilangan motivasi kerja kita. Cobalah untuk memiliki waktu istirahat dan bekerja yang konsisten.

Berpola hidup sehat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan