Mohon tunggu...
Novi Kurnia
Novi Kurnia Mohon Tunggu... blogger dan content writer dari purbalingga

Pelajar di Fakultas Bahasa Arab dan FHISIP. Ibu kelinci yang suka design grafis dan memasak.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

4 Cara Mendidik Anak agar Tidak Minderan

15 Juli 2020   10:49 Diperbarui: 9 Agustus 2020   14:39 170 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
4 Cara Mendidik Anak agar Tidak Minderan
img-20200809-142630-5f2fa99d097f3619d43f7db3.jpg

Sebagai orang tua kita perlu mengetahui cara mendidik anak yang baik dan benar. Hal tersebut diperlukan untuk meminimalisir pribadi yang buruk pada anak.

Kurang percaya diri atau minderan kadang menimpa anak-anak. Banyak faktor yang menyebabkan anak mengalami rasa rendah diri dan tak berguna. Orangtua mungkin memandang hal itu sepele bagi anak. 

Mereka berpikir seiring usia bertambah sifat minderan itu mungkin akan berkurang. Padahal bagi anak-anak hal yang terlihat sepele bisa saja benar-benar mempengaruhi perkembangan mereka.

Bagi orang tua masalah berebut permen mungkin hanyalah masalah sepele. Namun bagi anak-anak bermain, permen, es krim terkadang adalah segalanya. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan mengenai cara mendidik anak. Berikut ini 4 hal yang perlu diperhatikan :

1. Fokuslah pada kelebihan anak

Anak-anak ada yang terlahir memiliki banyak kelebihan, tapi tak jarang juga mempunyai banyak kekurangan. Kita sebagai orangtua terkadang sering mempermasalahkan kekurangan anak yang begitu menonjol. Tak jarang para orangtua mengumbar kekurangan anaknya pada tetangga maupun kerabat mereka.

Bisa dibayangkan jika sang anak mendengar orangtuanya mengungkit-ungkit kekurangan atau kejelekan anak pada orang lain, tentu anak akan merasa minder dan tidak bisa membanggakan orangtua. Kadang perasaan anak-anak lebih sensitif dari yang kita duga. Maka perlu berhati-hati dalam memperlakukan anak-anak.

Lain halnya jika orangtua sering membanggakan anak-anak mereka di depan oranglain, jika sang anak mendengar dia pasti senang. Walaupun kenyataannya dia juga memiliki kekurangan yang tak bisa disembunyikan dari pandangan mata orang lain.

Jika orangtua selalu mengapresiasi kelebihan anak dan kebaikan mereka, tanggapan  positifpun akan sampai pada anak-anak. Hingga terbentuklah citra diri yang positif tentang pribadi mereka sendiri.

Fokus dengan kelebihan anak akan membuat kita semakin memaksimalkan potensi anak, bukan malah terus mempermasalahkan kekurangannya yang tidak bisa diubah.

2. Memberi pujian ataupun penghargaan pada anak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x