Mohon tunggu...
Noer Ima Kaltsum
Noer Ima Kaltsum Mohon Tunggu... Guru -

Ibu dari dua anak dan suka menulis

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Ngaji, Ya dan Dapat Makanan untuk Buka Puasa

12 Mei 2019   23:09 Diperbarui: 12 Mei 2019   23:24 34 1 1 Mohon Tunggu...

Anak-anak telah berada di Masjid Assakinah sejak pukul 16.00 WIB. Hari Sabtu, tanggal 11 Mei 2019 mereka telah siap untuk mengikuti agenda mengaji. Setelah pengajian dibuka, anak-anak membentuk kelompok. Masing-masing kelompok terdapat dua atau tiga orang remaja yang siap mengajar dan menyimak bacaan anak-anak. Selama berada di masjid, anak-anak membaca buku iqra, mengahafalkan surat-surat pendek, membaca Alquran, menghafalkan doa sehari-hari, mendengarkan tausiah dan bermain.

setelah kegiatan mengaji selesai, semua kelompok bubar dan bergabung menjadi satu. Para remaja masjid kembali mengajak anak-anak  untuk membaca doa sehari-hari, membaca surat-surat pendek, sambil menunggu azan magrib. Lima menit sebelum azan, para petugas membagikan makanan dan minuman untuk berbuka puasa.  Bagi anak-anak, mengaji di masjid saat bulan Ramadan adalah hal yang menyenangkan. Selain belajar agama, mereka juga bisa bertemu dengan teman-teman seperumahan.  Satu lagi, mereka berharap mendapatkan makanan untuk berbuka puasa di masjid.

Makanan untuk buka puasa ini disediakan oleh panitia. Panitia mendapatkan makanan dan minuman untuk berbuka puasa dari ibu-ibu warga Perumahan Manggeh Anyar. Ibu-ibu menyerahkan makanan dan minuman kepada panitia Kegiatan Bulan Ramadan Masjid Assakinah, Manggeh, Kelurahan Lalung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar. Namanya juga anak-anak, mereka berburu santapan buka puasa tidak harus menempuh perjalanan jauh, cukup di masjid terdekat. 

Saya berada di tengah-tengah anak-anak yang mengikuti pengajian. Senang rasanya bisa mengabadikan kegiatan ini dan berbagi untuk orang lain. Ternyata anak-anak cukup tertib. Pengajian berjalan dengan lancar dan anak-anak mau mengantre untuk mendapatkan satu porsi makanan dan minuman untuk santap buka puasa. 

Ternyata sebagian dari mereka membawa pulang makanan yang didapat dan sebagian lainnya berbuka puasa di masjid bersama teman-teman. 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x