Mohon tunggu...
Noval Kurniadi
Noval Kurniadi Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Speaking makes words, writing makes wor(l)ds

Passion is the fashion for ur ACTION. Passion without action is NO MENTION! | Kontributor wikipedia | www.valandstories.com | Novalku@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Kelopak Mata Bermasalah Jangan Asal Ditangani, Kenali Okuloplasti Terlebih Dahulu

20 November 2021   17:00 Diperbarui: 20 November 2021   17:00 172 6 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi kelopak mata indah (dok. unsplash.com)

Memiliki kelopak mata yang indah adalah idaman bagi sebagian besar orang, khususnya perempuan. Sayangnya, tidak semua orang dianugerahi dengan kelebihan tersebut karena ada faktor keturunan yang turut berperan. Tak bisa dipungkiri, sebagian orang terlahir dengan kulit kelopak mata yang kendur. Sementara itu, sebagian lainnya terlahir tanpa lipatan mata dan single eyelid.

Selain itu, faktor usia jpun turut berperan. Seiring bertambahnya usia seseorang, semakin banyak timbunan lemak di area sekitar kelopak mata. Kulit kelopak mata juga akan kehilangan elastisitasnya sehingga kelopak mata bagian atas dan bawah menjadi kendur dan berdampak buruk pada penampilan.

Adanya faktor-faktor tersebut kemudian menginspirasi sebagian orang untuk memperbaiki penampilan kelopak mata. Alhasil, tidak sedikit di antara mereka yang melakukan beragam cara demi memperindah area mata. Salah satunya adalah dengan mendatangi klinik kecantikan.

Memiliki kelopak mata yang lebih baik daripada sebelumnya adalah hak setiap orang. Namun yang menjadi catatan adalah sebaiknya seseorang tidak melakukan treatment pada kelopak mata hanya demi kebutuhan kosmetik atau kecantikan saja. Pastikan agar kebutuhan fungsional mata juga terpenuhi karena yang terpenting dari perawatan kelopak mata adalah bagaimana seseorang dapat memiliki pandangan lebih baik lagi.

Bagaimana pun, kelopak mata adalah anggota tubuh yang sensitif sehingga butuh orang yang punya spesialisasi khusus dalam menanganinya.

Mengenal Okuloplasti, Subspesialisasi tentang Kelopak Mata

Sebagai masyarakat umum, selama ini kita mengenal bahwa hanya dokter mata-lah yang berperan dalam mengobati atau menangani keluhan pada mata pasien. Padahal sebenarnya, ada bidang yang jauh lebih spesifik lagi dalam hal penanganan kelopak mata. Subspesialisasi ilmu mata ini dikenal dengan nama 'Oculoplasty' atau Okuloplasti.

Dokter Ardining Rejeki Sastrosatomo, SpM. adalah salah satu dokter spesialis yang bergerak dalam bidang oculoplasty. Dokter yang melakukan praktek di Klinik Mata Utama Jakarta Eye Center (JEC) Cibubur, Tambora dan Kedoya ini menjelaskan lebih lanjut tentang apa itu okuloplasti.

"Okuloplasti adalah subspesialisasi ilmu mata yang berfokus dalam rekonstrusi dan estetika. Pada rekonstruksi, okuloplasti berfungsi memperbaiki kelainan pada kelopak mata, tulang rongga mata, soket hingga sistem saluran air mata. Sementara pada estetika, okuloplasti berfungsi memperindah estetika pada kelopak mata." jelas Dr. Ardining.

Dokter Ardining saat melakukan pemeriksaan pada pasien (foto: Ignasia Kijm)
Dokter Ardining saat melakukan pemeriksaan pada pasien (foto: Ignasia Kijm)

Okuloplasti berfokus pada sejumlah masalah pada kelopak mata dan pembedahannya, diantaranya adalah ptosis (kelopak mata turun), entropion (pinggiran kelopak mata yang melipat ke dalam) serta ektropion (kulit kelopak mata bawah bagian dalam membalik ke luar). Selain itu, okuloplasti juga menangani berbagai masalah pada  sistem lakrimal mata serta kelainan-kelainan socket orbita lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan