Mohon tunggu...
Nita Juniarti
Nita Juniarti Mohon Tunggu... Seorang Perempuan

Penaruh mimpi di Altar-Nya

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Petani Organik, Yuk Coba Olah Segalanya Sendiri

4 September 2020   10:01 Diperbarui: 4 September 2020   10:06 46 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Petani Organik, Yuk Coba Olah Segalanya Sendiri
Sumber gambar: dok. pribadi


Pandemi Covid-19 telah melahirkan banyak petani millenial, akibat di rumah saja ternyata membuat bosan harus bolak balik ikut segala sesuatu yang sudah virtual. Bahan organik di rumah juga banyak, akhirnya memilih jadi  petani ala-ala.

Nah, berikut ada beberapa hal bagi petani organik untuk mencoba segala yang alami untuk membuat tanaman subur :

1. Kulit pisang sebagai pupuk cair

Sumber gambar: dok. pribadi
Sumber gambar: dok. pribadi

Berkebun adalah salah aktivitas paling banyak dilakoni oleh banyak orang di saat pandemi covid-19 ini. Di daerah urban, beberapa orang mencoba menemukan hal-hal yang tidak merusak lingkungan dengan aktivitas mereka, beberapa kelompok mulai sadar bahwa bumi ini begitu berharga. Beberapa yang lain mulai berfikir untuk mengonsumsi sesuatu yang sehat bagi tubuh.

Salah satu inovasi bagi bahan yang ditemukan adalah pembuatan pupuk yang tidak mengandung senyawa kimia.

Dikutip dari instagram :
https://www.instagram.com/p/CCIz3-cgm81/?igshid=1g781rzyva006

Saya pribadi akhirnya mencoba mempraktekkannya dan hasilnya? Tumbuhan subur sekali keliatannya, daun mint saja besar-besar daunnya  dan berkembang cepat dan maksimal. Masya Allah.

2. Kulit bawang untuk Peptisida Nabati dan Mulsa

Sumber gambar: dok. pribadi
Sumber gambar: dok. pribadi
Penyakit pada tanaman sungguh meresahkan, apalagi bagi yang belum biasa bertani. Solusi memberikan peptisida kimia tidak membereskan masalah lingkungan. Syukur sekali ketika akun instagram : https://www.instagram.com/p/CChxA3qgGsA/?igshid=1mpu6r4ts17la
memposting tentang peptisida dari kulit bawang.

Percobaanpun dilakukan, wah benar sekali ternyata, air yang berubah warna coklat dan baunya yang menyengat membuat hewan yang merugikan tidak merusak tanaman. Namanya juga alami ya, meski agak repot dan butuh waktu tetap saja menyenangkan dibuat. Seberes merendam, semua kulit digunakan untuk mulsa agar tanaman tetap lembab tanahnya apalahi tanah di rumah saya jika tidak dicampur sangat mudah mengering.

3. Ngompos sendiri

Sumber gambar: dok. pribadi
Sumber gambar: dok. pribadi

Sebetulnya mengompos bisa jadi dua aktivitas penting, menghasilkan media tanam sendiri dan terbiasa memilah sampah dan pengelolaan yang baik.
Berkebun tentu membutuhkan media tanam yang baik, mengompos sebetulnya gampang sekali. Semua bahan organik dimasukkan ke dalam ember untuk kompos jika ingin cepat bisa menggunakan bantuan EM4. Metode komposting akan menghasilkan bau tak sedap dan ulat, jangan lupa dicacah sebelum mengompos. Tips untuk pengompos yang malas bisa dengan metode takakura agar tidak terlalu menonjok bau busuk atau banana cycle jika memang di rumah ada batang pisang. Pernah juga ditaruh di kandang ayam agar bisa diolah oleh ayam secara alami.

Yang muncul dari kompos Sumber gambar: dok. pribadi
Yang muncul dari kompos Sumber gambar: dok. pribadi

Jika menggunakan metode takakura kadang kala sering dilihat beberapa tanaman muncul dari tanah kompos. Masya Allah, betapa banyak hal-hal kecil dalam hidup harusnya disyukuri bukan?

Nah, itu dulu yang sering saya pratekkan. Apakah teman-teman punya ide lain? Silahkan berkomentar

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x