Mohon tunggu...
Nita Kurniawati
Nita Kurniawati Mohon Tunggu... Guru - Guru Matematika

Seorang guru matematika di kabupaten Bandung yang selalu semangat dengan hati yang ikhlas mengajar dengan jarak tempuh 60 km setiap harinya. Punya hobi nyanyi yang hanya biasa dikonsumsi oleh orang-orang serumah saja.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Best Practice Menggunakan Metode STAR

9 Desember 2022   17:11 Diperbarui: 9 Desember 2022   17:30 182
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Lingkup Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama

Tujuan yang ingin dicapai : Meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran matematika dan meningkatkan kemampuan representasi matematika siswa melalui model pembelajaran Discovery Learning dengan berbantuan media LKPD Liveworksheets di kelas 8 pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan cara Eliminasi dengan menggunakan Kurikulum Merdeka.

Penulis : Nita Kurniawati, S.Pd

Tanggal : 7 Desember 2022

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan adalah 

Masalah yang selama ini selalu saya alami adalah banyak siswa yang kurang memiliki motivasi serta jiwa kompetitif dalam mengikuti pembelajaran matematika, sehingga menimbulkan kebiasaan siswa yang memiliki kemampuan rendah menggantungkan segala sesuatunya kepada sisawa yang memiliki kemampuan tinggi. Motivasi belajar yang rendah akan berbanding lurus dengan salah satu kemampuan matematika yaitu kemampuan merepresentasikan masalah matematika yang diberikan. Hal tersebut terjadi bukan semata-mata ada kekurangan pada siswa melainkan ada kekurangan juga dari sisi guru, misal model pembelajaran selalu menggunakan model konvensional, media pembelajaran yang tidak menarik, tidak bisa mengakomodir kemampuan siswa yang beragam dan proses pembelajaran yang masih menitikberatkan pada tingkat kognitif siswa yang masih berada di level bawah.

Setelah melalui tahap identifikasi masalah dan mengeskplornya dari berbagai literatur yang dibaca, akhirnya saya memilih untuk menggunakan metode Discovery Learning untuk mengatasi masalah yang ditemukan tentunya dengan bantuan media pembelajaran yaitu menggunakan LKPD berbasis online yang dimasukkan kedalam Liveworksheets. Praktik baik ini penting untuk dibagikan agar sesama pendidik dapat melakukan pembelajaran yang inofatif sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar dan juga berbagai kemampuan matematika pada diri siswa sehingga mereka bisa merasa nyaman dan merdeka dalam belajar sesuai dengan kemampuan dan gaya belajarnya masing-masing.

Peran dan tanggung jawab saya dalam dalam praktik ini adalah sebagai penelilti dalam mengidentifikasi masalah yang terjadi selama proses pembelajaran di kelas dan mencari solusi dari permaslahan tersebut. Saya juga bertanggung jawab untuk melaksanakan model dan menggunakan media dalam pembelajaran matematika yang inofatif tersebut ditempat saya bertugas sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Tantangan dalam mencapai tujuan adalah :

  • Pembiasaan pembelajaran secara online dalam menggunakan media dan sumber belajar.
  • Pengkondisian kelas yang harus lebih ekstra.
  • Pengontrolan siswa selama proses diskusi berlangsung.
  • Selama proses pengambilan gambar pengaturan pencahayaan yang tidak bisa disesuaikan karena terpengaruh oleh cuaca dilokasi tempat mengajar.
  • Pengaturan alokasi waktu yang masih kurang baik dikarenakan ada kendala ketika membuka link LKPD.
  • Masih terdapat beberapa siswa yang kurang memeberikan kontribusinya dalam kelompok.
  • Siswa masih kurang percaya diri dalam mempresentasikan hasil penemuan penyelesaian masalah yang diberikan.

Kegiatan ini hanya melibatkan beberapa orang saja yaitu :

  • Kepala sekolah sebagai observer langsung dikelas.
  • Satu siswa kelas 9 yang membantu dalam pengambilan video.
  • Siswa kelas 8B sebagai subjek dalam kegiatan pembelajaran.

Langkah-langkah yang dilakukan :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun