Mohon tunggu...
Khairunisa Maslichul
Khairunisa Maslichul Mohon Tunggu... Dosen - Profesional

Improve the reality, Lower the expectation, Bogor - Jakarta - Tangerang Twitter dan IG @nisamasan Facebook: Khairunisa Maslichul https://nisamasan.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Praktik Hidup Ramah Lingkungan Saat Gajian

5 Desember 2021   11:09 Diperbarui: 5 Desember 2021   17:20 648 13 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi tanaman hias di dalam ruangan bernuansa retro. (SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW)

Siapa di antara Anda yang sudah menerima gaji? Di Indonesia, umumnya setelah tanggal 25 hingga awal bulan (tanggal 1-5) dompet menebal setelah gajian.

Nah, biasanya apa sih yang kita lakukan setelah masuknya notifikasi tranfer gaji sudah diterima? Bayar tagihan dulu atau atau langsung belanja ini itu, hayooo ngaku? Hehehe...

Selain mengalokasikan uang gaji dengan tepat, kita juga bisa lho melakukan praktek hidup ramah lingkungan saat gajian. Jangan sampai uang gaji kita habis tak karuan sementara itu kita malah merusak lingkungan.

Contohnya, ketika kita (kalap mata) belanja saat promo diskon di tanggal cantik setelah gajian. Eh, waktu buka lemari, ternyata kita masih punya setumpuk barang serupa yang belum pernah dicoba.

Untuk menghindari hal serupa terjadi lagi, yuk mari kita lakukan praktek hidup ramah lingkungan setelah gajian. Awalnya (mungkin) kita belum terbiasa, tapi 'alah bisa karena biasa' tentunya.

Mari lakukan praktek hidup ramah lingkungan saat gajian (Ilustrasi: vk.com)
Mari lakukan praktek hidup ramah lingkungan saat gajian (Ilustrasi: vk.com)

1. Lakukan transaksi tanpa struk

Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) jadi tempat yang biasanya dituju setelah gajian. Selain cek saldo, uang tunai pun ditarik.

Untuk menghemat kertas, idealnya kita tidak perlu mencetak struk saldo di ATM. Jika sudah memiliki fitur internet/mobile banking (e-banking/m-banking), kita cukup cek saldo dari sana.

Hal serupa juga bisa kita lakukan saat berbelanja. Sebelum membayar, kita bisa berpesan kepada kasir untuk tidak perlu mencetak struk pembelian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan