Mohon tunggu...
Nining Silvia
Nining Silvia Mohon Tunggu... MAHASISWA ILMU PERPUSTAKAAN

UINSU

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Gak Bisa ke Perpustakaan karena Covid-19?

14 Agustus 2020   13:22 Diperbarui: 14 Agustus 2020   13:39 31 1 1 Mohon Tunggu...

            Saat ini dunia sedang dilanda oleh wabah yang bernama Corona virus Disease 19 atau yang dikenal dengan covid 19. Virus ini menyebar ke berbagai belahan dunia termasuk juga Indonesia. Untuk itu, pemerintah Indonesia membuat suatu kebijakan dengan menerapkan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar. Masyarakat dihimbau untuk tetap dirumah guna menekan angka penyebaran virus covid 19. Virus ini membawa dampak yang luar biasa dari berbagai sektor antara lain seperti sekolah diliburkan, pabrik- pabrik harus ditutup, sektor pariwisata lumpuh dan lain sebagainya. Hal ini tentunya juga berdampak pada perpustakaan yang tidak beroperasi selama pandemi karena tidak memiliki pengunjung.

         Jika hal ini terus berlangsung, bisa jadi fungsi dan peran perpustakaan tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Seperti yang kita tahu, bahwa peran perpustakaan merupakan kedudukan, posisi dan bagaimana perpustakaan itu memberikan pengaruh ke masyarakat di lingkungan perpustakaan. Sebagaimana  Suwarno (2011:20) menyebutkan bahwa perpustakaan sebagai pusat informasi memiliki peran strategis ditengah masyarakat. Untuk itu perpustakaan perlu melakukan inovasi guna memenuhi kebutuhan informasi.

           Salah satu inovasi yang bisa dilakukan perpustakaan yaitu dengan menyediakan informasi yang dapat diakses oleh semua orang kapan saja dan dimana saja. Website online perpustakaan merupakan salah satu bentuk inovasi yang diadakan perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan infomasi pengguna jauh sebelum pandemi melanda seluruh dunia. Untuk itu, saat ini website online perpustakaan sangat membantu masyarakat ditengah- tengah wabah yang sedang melanda dan mengharuskan kita harus tetap dirumah aja. Karena dengan inovasi website online perpustakaan ini, pengguna tidak perlu datang ke perpustakaan.

             Dengan adanya website online perpustakaan ini, maka perpustakaan tidak kehilangan peran dan fungsinya sebagai pemenu infomasi bagi masyarakat. Karena dengan ini, masyarakat dapat menemukan informasi dengan cara mengakses website online perpustakaan kapan saja dan dimana saja. Sehingga informasi yang dibutuhkan oleh pengguna dapat terpenuhi melalui website online. Semua koleksi perpustakaan dapat diakses melalui website online dengan cepat dan mudah.

               Salah satu perpustkaan yang menyediakan website online yaitu milik perpustakaan nasional Indonesia RI yang tentunya mempunyai banyak sekali koleksi elektronik yang terdiri dari arikel, majalah, dll. Untuk dapat mengakses ke laman website online milik perpustakaan nasional RI dapat kita akses melalui http://e-resource.perpusnas.go.id/. Selain itu, masih banyak lagi perpustakaan- perpustakaan yang menyediakan layanan website online seperti perpustakaan milik kota serta perpustakaan- perpustakan universitas yang menyediakan infomasi sesuai dengan kebutuhannya masing- masing.

               Dengan mengkases layanan website online perpustakaan, maka itu menjadi suatu dukungan kita agar perpustakaan tetap terus eksis menjalankan fungsi dan perannya di era covid 19 yang sedang melanda dunia ini.

Referensi :

          https://ilmu-pendidikan.net/pustaka/perpustakaan/peran-tugas-perpustakaan

           http://perpustakaan.uin-alauddin.ac.id/perpustakaan-di-tengah-pandemi-covid-19/

           Suwarno, Wiji. 2011. Perpustakaan & Buku: Wacana Penulisan & Penerbitan.

Yogyakarta : Ar- Ruzz Media.

 

VIDEO PILIHAN