Mohon tunggu...
Nina Sulistiati
Nina Sulistiati Mohon Tunggu... Guru - Belajar Sepanjang Hayat

Pengajar di SMP N 2 Cibadak Kabupaten Sukabumi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Berbicara

23 Oktober 2021   19:15 Diperbarui: 23 Oktober 2021   20:06 213 28 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber foto: darunnajah.com

"Ajining diri ana ing lathi" yang artinya, harga diri, nilai dan martabat seseorang tergantung dari ucapannya.

Memang lidah tak bertulang tak berbekas kata-kata. Demikian bunyi lirik salah satu lagu nostalgia yang memiliki makna bahwa kita memiliki kebebasan untuk mengungkapkan kata -kata. Allah SWT memang perancang yang Maha Hebat. Dapat dibayangkan jika lidah kita memiliki tulang maka kita tak akan mampu berbicara, berkomunikasi dan menyampaikan ide pikiran kita. Subhanallah.

Namun kebebasan itu kerap kita salah artikan sehingga kita kerap tidak mengendalikan ucapan-ucapan yang kita ungkapkan baik secara lisan maupun tulisan. Lisan adalah salah satu hal yang harus kita perhatikan dan kita kendalkan.

Keharusan menjaga lisan tidak hanya berlaku dalam kehidupan nyata. Menjaga lisan pun berlaku saat kita berkomunikasi di dumay (dunia maya).

Dewasa ini seiring berkembangnya penggunaan media sosial, banyak orang menuliskan ungkapan-ungkapan negatif yang cenderung berbau fitnah. Kata pepatah "Fitnah lebih kejam dari pada pembunuhan" kerap menjadi kenyataan. Tidak sedikit seseorang harus berbaku hantam karena memposting di media sosial yang isinya  merugikan orang lain dan tidak terbukti kebenarannya.

Hal-Hal Yang Harus diperhatikan Saat Berbicara

  • Berbicaralah dengan bahasa yang santun.

Ada peribahasa yang menyatakan 'bahasa menunjukkan bangsa, maknanya bahasa yang kita gunakan dalam percakapan dengan orang lain akan menunjukkan bagaimana kepribadian kita sebenarnya. Apa yang kita bicarakan atau kita tuliskan dapat menggambarkan siapa sebenarnya kita. 

Pernahkan Anda mengamati seseorang yang sedang berbicara dengan lawan bicaranya? Bila orang tersebut berbicara tanpa memperhatikan sopan santun dan senantiasa menggunakan bahasa yang kasar, Anda pasti akan menyimpulkan jika kepribadian orang tersebut tidak menyenangkan dan kurang baik.

  • Berbicaralah tentang hal-hal yang positif dan bermanfaat.

Omong kosong biasanya kurang bermanfaat maka berbicaralah tentang sesuatu yang bermanfaat.

  • Jangan Boros Berbicara

Berbicaralah seperlunya saja. Jangan terlalu banyak berbasa basi sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama.

  • Hindari perdebatan yang berlebihan yang bertujuan untuk mengalahkan pendapat orang lain. 

Perdebatan biasanya bertujuan untuk mengungkapkan kelemahan atau kekurangan orang lain atau bertujuan untuk menyudutkan atau menjatuhkannya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan