Mohon tunggu...
Nina Sulistiati
Nina Sulistiati Mohon Tunggu... Guru - Belajar Sepanjang Hayat

Pengajar di SMP N 2 Cibadak Kabupaten Sukabumi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Pembelajaran Tatap Muka dan Program Vaksinasi Covid-19

11 September 2021   19:47 Diperbarui: 12 September 2021   20:01 1268 32 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pembelajaran Tatap Muka dan Program Vaksinasi Covid-19
Vaksinasi Siswa SMP N 2 Cibadak. Dokumentasi Pribadi

Program vaksinasi Covid-19 untuk para pelajar mulai dilaksanakan di beberapa sekolah. Hal ini berkaitan dengan program percepatan vaksinasi bagi seluruh warga negara yang berusia 12 sampai dengan usia 17 tahun. Target percepatan vaksinasi ini mulai menyasar kepada para pelajar.

Seperti diketahui bahwa program vaksinasi ini mulai dilaksanakan di sekolah-sekolah. Dinas Kesehatan dan sekolah mengadakan kerja sama untuk pelaksanaannya. 

Program percepatan ini dituangkan dalam surat edaran nomor Hk.02.02/I/1727/2021 Tentang Vaksinasi Tahap 3 Bagi Masyarakat Rentan Serta Masyarakat Umum Lainnya Dan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Bagi Anak Usia 12-17 Tahun.c

Disebutkan dalam surat edaran tersebut bahwa dilaporkan, sejumlah hampir 260 ribu kasus terkonfirmasi merupakan anak usia 0-18 tahun, dimana lebih dari 108 ribu kasus berada pada rentang usia 12-17 tahun. 

Tercatat sejumlah lebih dari 600 anak usia 0-18 tahun meninggal, sejumlah 197 anak diantaranya berumur 12-17 tahun dengan angka Case Fatality Rate pada kelompok usia tersebut adalah 0,18%. Dengan demikian program vaksinasi nasional harus segera dituntaskan.

Percepatan vaksinasi bagi penduduk berusia antara 12 sampai dengan 17 harus segera dilakukan agar memutus penyebaran   Covid-19  melalui anak-anak. 

Sekarang tengah dilaksanakan program vaksinasi pelajar tingkat SMP. Pelaksanaan vaksinasi ini diharapkan dapat segera membentuk herd community bagi para pelajar yang akan melaksanakan pembelajaran tatap muka. 

Pembelajaran tatap muka sudah sangat mendesak. Jika pembelajaran tatap muka ini ditunda kembali, dikhawatirkan banyak para siswa yang akan drop out sekolah dengan berbagai alasan, antara lain mereka terlanjur malas untuk mengikuti pembeajaran daring yang kerap membosankan, ada di antara mereka yang memilih bekerja dibandingkan belajar, dan alasan tidak mempunyai kuota dan handphone sebagai sarana pembelajaran daring.

Kebutuhan pembelajaran tatap muka beriringan dengan kebutuhan vaksinasi bagi para siswa mulai dari jenjang TK hingga SMA. Program vaksin ini diharapkan segera diberikan kepada seluruh pelajar Indonesia. 

Siswa SD yang belum masuk ke program vaksin usia 12 sampai dengan 17 tahun ini. Padahal mereka juga sudah melaksanakan tatap muka. Sangat beresiko jika mereka masih belum mendapat jatah vaksin. 

Tujuan Vaksin Bagi Para Pelajar

Percepatan vaksinasi bagi para pelajar Indonesia berkaitan dengan program pembelajaran tatap muka di beberapa daerah yang masuk ke level 2, dan level 3. Vaksinasi ini harus diberikan kepada para siswa agar dilindungi dari paparan virus Covid-19.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan