Mohon tunggu...
Niken Alya
Niken Alya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Stei Sebi

I Do My Best

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Manfaat Kerja Sama Tim Guna Meningkatkan Produktivitas

3 Juli 2022   13:36 Diperbarui: 3 Juli 2022   13:37 170
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kerja sama sangatlah berguna bagi sebuah tim. Kerja sama terjadi ketika dia orang atau lebih bersama-sama mengumpulkan pemikiran, ide, dan tindakan yang berguna untuk mencapai tujuan bersama. Kerja sama pula dapat memberi keuntungan tersendiri bagi individu ataupun kelompok.

Setiap manusia pasti membutuhkan pertolongan atau kerja sama dalam hidupnya, karna manusia adalah makhluk sosial makan dengan kerja sama, semua beban yang dimiliki jauh lebih ringan jika dilakukan bersama-sama.

Kerja sama seringkali sangat dibutuhkan dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Manfaat kerja sama tersebut ialah dapat menyatukan orang-orang dengan beragam kemampuan untuk mencapai tujuan yang sama. Pada akhirnya dengan kerja sama dapat membuat kerja tim berhasil.

Manfaat kerja sama tim diantaranya,:

Mendorong pemecahan masalah yang lebih mudah

Manfaat kerja sama tim yang pertama adalah mendorong pemecahan masalah menjadi lebih mudah. kerja sama digunakan untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Dengan kerja sama, akan ada bantuan dan dorongan dalam memecahkan masalah tersebut.

Pekerjaan menjadi cepat selesai

Mungkin pekerjaan bisa dilakukan atau diselesaikan seorang diri, tapi akan membutuhkan waktu yang cenderung lebih lama. Namun dengan dilakukan bersama, pekerjaan akan lebih cepat selesai karna saling membantu.

Saling belajar

Benefit dari kerja sama sendiri adalah kita mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan, Hal ini terjadi karna saat kerja sama, setiap individu bekerja secara kolaboratif dengan orang-orang yang memiliki keahliannya masing-masing dan latar belakang yang berbeda beda. Dari kerja sama, setiap individu akan belajar dari kesalahan, kegagalan, dan keberhasilan.

Mendekatkan satu sama lain

Dengan kerja sama kita dapat berinteraksi dengan banyak individu dan dengan kerja sama komunikasi dapat terjalin dan kedekatan akan terbentuk sendirinya.

Meningkatkan produktivitas

Pekerjaan akan meningkatkan saat mulai kerja sama secara kolaboratif, produktivitas secara keseluruhan. karna setiap individu pasti akan merasa seolah mereka adalah bagian  dari tim yang lebih besar. akan lebih memiliki rasa loyalitas dan memiliki kelompok, individu tersebut akan memberikan upaya yang lebih baik agar supaya tidak mengecewakan timnya.

Keterlibatan meningkat

Ketika kontribusi individu merasa dihargai, individu tersebut akan melakukan yang terbaik. Dengan kerja sama, tiap individu akan terlihat dalam proyek yang dikerjakan. seseorang akan melihat bagaimana upaya mereka berkontribusi pada keberhasilan timnya secara keseluruhan dan juga memberikan kepuasan kerja yang lebih

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun