Mohon tunggu...
Nicholas Feby K (Kosip)
Nicholas Feby K (Kosip) Mohon Tunggu... Stand-up Komedian yang suka nulis.

Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi angkatan 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Ingin Halaman Web Anda Ramai Pengunjung? Terapkan Prinsip SEO dan SEM Ini

28 September 2020   15:43 Diperbarui: 28 September 2020   16:41 100 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ingin Halaman Web Anda Ramai Pengunjung? Terapkan Prinsip SEO dan SEM Ini
Image: http://www.taylorsource.net/

Membahas mengenai SEO dan SEM, tentu bukanlah hal yang asing lagi buatmu bukan? Namun, apakah kamu sudah benar-benar memahami kedua hal ini? Yuk langsung simak saja pembahasan berikut ini.

Sebelum kita lebih jauh lagi, ada hal yang perlu kamu pahami dahulu terkait SEO dan SEM bahwa keduanya merupakan hal yang berbeda, namun memiliki keterikatan antara satu sama dengan yang lain.

Search Engine Optimatization (SEO)

SEO atau Optimalisasi Mesin Pencari adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan volume dan kualitas traffic kunjungan melalui mesin pencari menuju suatu situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut (Akbar dkk, 2012).

Sebuah web memiliki keterikatan hubungan dengan search engine (mesin pencari). Semakin baik konten maupun kemasan dari sebuah web maka akan semakin menarik pengunjung. Salah satu penunjangnya adalah SEO yang dapat mempermudah web mendapat pengunjung. 

SEO adalah salah satu cara untuk mendapatkan pengunjung web (viewers) berdasar pada search engine. Munculnya sebuah web dalam mesin pencari memerlukan teknik khusus. Teknik inilah yang dinamakan Search Engine Optimization (SEO). Teknik SEO mampu membuat sebuah web bertengger pada peringkat pertama ketika seseorang melakukan pencarian.

Proses kerja SEO

Nah, ketika kamu sudah tahu bagaimana manfaat dari SEO itu, tentu kamu ingin webmu muncul diperingkat awal bukan? Namun, tentu tidak semudah itu. SEO juga memiliki sistem atau prosedur kerjanya. Diantaranya:

  1. Menganalisis web terlebih dahulu
  2. Mengambil poin-poin (keywords) yang menjadi highlight web
  3. Menganalisis dan membandingkan kinerja web sebelum dan sesudah dilakukan penerapan SEO

Tujuan SEO 

SEO bertujuan untuk menempatkan sebuah situs/web pada posisi puncak atau minimal pada halaman pertama dari hasil pencarian. Hal tersebut didapati ketika seseorang melakukan pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logika ketika situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian tentu memiliki peluang yang lebih besar untuk pendapat kan total pengunjung lebih banyak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN