Mohon tunggu...
Nia Putri Angelina
Nia Putri Angelina Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

In a world where you can be anything, be kind.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Ingat Tiga Hal Ini Jika Kamu Beruntung Masih Memiliki Ibu

12 Agustus 2018   02:29 Diperbarui: 18 Mei 2019   13:58 1099
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mom ilustrasi gambar nancy-zhang.com

"My mom is dead. "

Aku mengulangi empat kata tersebut dengan berulang kali sambil menggoyangkan kursi rumah sakit beberapa saat setelah aku menyaksikan sahabat yang kusayangi mengambil nafas terakhirnya.

Saat ini, hampir setahun sejak hari itu. Perasaan yang aku rasakan hari itu belum meninggalkanku, tetapi mereka masih tetap hidup membayangi langkah, hal itu sering mengingatkan bahwa betapa cepatnya ketidaktahuan dapat mendobrak hingga kemudian mengguncang jiwa yang tidak siap kehilangan. 

Dua hari yang lalu saat aku membeli make up di sebuah departement store bersama kakak perempuanku. Seorang pramuniaga mengatakan,

"Wah, orang tua kalian seharusnya memisahkan kalian nih. Bak pinang dibelah dua kalian mirip sekali!"

Bahkan sebelum itu, ditengah obrolan kencan pertama pria itu bertanya,

"Jadi, bagaimana orang tua kamu, kegiatan mereka apa saat ini? Apakah mereka masih bersama? "

Sekitar satu atau dua kali sebulan, biasanya di supermarket tempat biasa aku dan ibu berbelanja. Ada pula yang mengatakan 

"Wow, kamu itu terlihat seperti ibumu yah."

Percakapan santai. Pernyataan yang sopan. Frasa yang kemudian tergali di dalam diriku, mencoba menyeruak hingga ke permukaan.

Kendati demikian, aku sangat mahir mendorong emosi yang menggerogoti diri. Hampir terlalu bagus. Sangat baik, pada kenyataannya, bagi sebagian besar orang mereka beranggapan kalau aku adalah salah satu "orang terkuat" yang pernah mereka temui.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun