Mohon tunggu...
Ngainun Naim
Ngainun Naim Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Penulis buku JEJAK INTELEKTUAL TERSERAK (2023). Dosen UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Jawa Timur. Pengelola http://www.spirit-literasi.id. dan http://www.ngainun-naim.blogspot.com.

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Jagongan dan Ide Menulis

20 Juni 2022   10:50 Diperbarui: 20 Juni 2022   11:07 293
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Saya menyukai jagongan. Jagongan itu bahasa Jawa. Arti sederhananya ya berbincang-bincang.

Jagongan itu bisa membangun keakraban. Lewat jagongan, ada banyak hal bisa terurai. Secara santai jagongan menjadi media untuk saling berbagi, curhat, dan mencari solusi.

Jagongan bisa saja sekadar basa-basi tanpa arti. Kita semua sering melakukannya. Model semacam ini bahkan menjadi tradisi di masyarakat. Masyarakat kita memang memiliki tradisi lisan yang kuat.

Bukan berarti jagongan semacam ini tidak ada manfaatnya. Tentu saja banyak juga manfaatnya. Secara psikologis jagongan bisa menjadi semacam katarsis atas segenap beban jiwa. Lewat jagongan, beban demi beban bisa terurai.

Jagongan juga menjadi media keakraban yang luar biasa. Masyarakat komunal membutuhkan jagongan untuk mempererat relasi. Adanya jagongan membuat relasi antar sesama bisa terjaga.

Jagongan juga menjadi media bisnis yang efektif. Perbincangan demi perbincangan bisa mengantarkan pertemuan antara penjual dan pembeli. Para perantara di zaman sebelum digital melanda menjadikan jagongan sebagai media bisnis.

Saya sendiri penikmat jagongan. Jika berbincang dengan teman, bisa berjam-jam. Selalu saja ada hal-hal menarik yang mempertemukan kami dalam perbincangan.

Sebagai orang yang menekuni dunia menulis, saya menjadikan jagongan bukan sekadar jagongan. Saya menjadikan jagongan dalam konteks menulis. Hal-hal penting dalam jagongan saya cermati, saya ingat, dan jika selesai segera saya catat.

Bagi saya, mencatat poin-poin penting dalam perbincangan itu sangat penting. Terlihat sederhana tetapi sesungguhnya sangat bermakna. Catatan demi catatan ibarat harta karun. Suatu saat ia akan berguna saat kita butuhkan.

Salah satu manfaat catatan adalah sebagai tambang ide. Ia bisa menjadi pemicu munculnya ide menulis. Saat mencermati catatan, ide bisa muncul.

Saya memiliki pengalaman unik terkait hal ini. Ceritanya saya berdiskusi cukup lama dengan seorang kawan. Salah satu topik yang saya catat adalah tentang bagaimana periwayatan hadis itu sangat selektif sehingga proses seleksi nya bisa menentukan kualitas hadis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun