Mohon tunggu...
Eko Windarto
Eko Windarto Mohon Tunggu... Penulis - Penulis. Esainya pernah termuat di kawaca.com, idestra.com, mbludus.com, javasatu.com, pendidikannasional.id, educasion.co., kliktimes.com dll. Buku antologi Nyiur Melambai, Perjalanan. Pernah juara 1 Cipta Puisi di Singapura 2017, juara esai Kota Batu 2023

esai

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Menemukan Ide Cerita Fiksi Ilmiah yang Menarik dan Original

1 Mei 2024   08:50 Diperbarui: 1 Mei 2024   08:58 92
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Oleh: Eko Windarto 

Dalam penulisan cerita fiksi ilmiah, menemukan ide yang menarik dan orisinal mungkin terasa sulit. Namun, dengan memperluas pengetahuan tentang berbagai topik seperti yang dijelaskan di atas, Anda dapat menemukan sumber inspirasi bagi cerita Anda.

Studi kasus tentang novel "The Day of the Trafford" karya John Wyndham menggambarkan bagaimana suatu bencana dapat mengubah dunia dan kehidupan manusia menjadi sangat sulit. Novel ini mengisahkan tentang manusia yang bertahan hidup setelah dunia dikepung oleh tumbuhan hutan. Dalam novel ini, karakter yang selamat harus melawan tumbuhan mutan tersebut dan mempelajari cara bertahan hidup dalam kondisi yang sangat sulit. Pelajaran yang bisa diambil dari novel ini adalah pentingnya kerja sama di antara kelompok orang yang selamat. Karakter-karakter dalam novel tersebut berhasil bertahan hidup karena mereka memiliki keterampilan, kepandaian, dan semangat yang sama untuk bertahan hidup.

Bukan hanya bencana global, kita dapat juga exploration menggeluti ide-ide dari teori ilmiah terbaru. Perkembangan teori ilmiah dapat membawa kita ke wilayah yang lebih luas, termasuk temuan ilmiah dalam astronomi dan teknologi yang berkaitan dengan penjelajahan ke luar angkasa dan koloni manusia di luar planet Bumi. Dalam penelitian astronomi manusia telah menemukan planet-planet baru di luar sistem tata surya kita, yang menunjukkan urgensi dari alam semesta kita. Dalam penelitian teknologi, kecerdasan buatan dan robotika menjadi salah satu perkembangan terbaru yang sangat menarik. Banyak novel fiksi ilmiah terbaru mengangkat tema kecerdasan buatan dan robotika, bagaimana interaksi antara manusia dengan mesin-mesin tersebut dan bagaimana peran manusia dalam mengelola teknologi.

Penting juga untuk mencari tahu bagaimana manusia bertahan hidup dengan berbagai bencana alam yang terjadi. Studi tentang perilaku manusia yang selamat dalam bencana alam dapat memberikan pemahaman tentang bagaimana karakter dalam cerita fiksi ilmiah dapat bertahan hidup. Kita dapat mempelajari tentang kondisi psikologis manusia yang terdampak oleh bencana alam dan cara mereka beradaptasi dalam situasi yang sangat sulit. Dalam menulis fiksi ilmiah, Anda dapat menggambarkan karakter-karakter yang menghadapi trauma dan kesulitan untuk mencapai tujuan mereka.

Kesimpulannya, penulisan cerita fiksi ilmiah memerlukan pengetahuan yang luas dan pemahaman mengenai bagaimana dunia bekerja serta bagaimana manusia berperilaku dalam situasi sulit. Semua pengetahuan dan ide yang telah diperoleh harus diintegrasikan ke dalam cerita dengan cara yang menarik dan orisinal. Tulisan ini berharap dapat membantu calon penulis menaklukkan tantangan dalam menulis cerita fiksi ilmiah dan membuat cerita yang luar biasa yang mampu memenangkan simpati pembaca.

Batu, 152024

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun