Mohon tunggu...
Andriansyah Tirta
Andriansyah Tirta Mohon Tunggu... Lainnya - Team Supervisor Lapangan Surveyor

Seorang karyawan swasta di bagian Administrasi. Lahir di Jakarta, menjalani sebagian masa muda di Medan, dan menempuh kuliah di Yogyakarta di UNY.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Bagaimana Supaya Tidak Habis Ide dan Kreativitas di dalam Pekerjaan?

9 Mei 2024   16:05 Diperbarui: 9 Mei 2024   16:06 96
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Tidak semua pekerjaan memerlukan daya kreatif yang luar biasa ataupun ide-ide yang berlebihan adapun tugas-tugas administrasi cenderung membosankan dan monoton sebab kegiatan laporan umumnya sudah memiliki sistem yang memang seharusnya perlu dipatuhi. Dan tata cara laporan biasanya sudah terstruktur dan hanya membutuhkan ketelitian.

Namun bukan berarti kita sebagai individu tidak boleh tidak memiliki ide dan Kreatifitas sebab kita manusia diberikan karunia untuk berakal dan berbudi dan dengan adanya hal tersebut biasanya segala ide dan Kreatifitas bersumber.

Di dalam Pekerjaan pun yang biasanya sudah memiliki sistem dan sudah berjalan lama, umumnya ide dan Kreatifitas dari tiap-tiap individu tidak lagi terlalu diharapkan. Mungkin hanya di bidang-bidang tertentu seperti di perusahaan penjualan, bidang market ing lah umumnya selalu diharapkan memiliki ide dan Kreatifitas yang mampu menarik konsumen supaya barang yang hendak dijual akan laku.

Tapi ide dan Kreatifitas yang ada tidak selalu menghasilkan hasil yang dapat diharapkan dan lagi tiap saat belum tentu akan terlahir ide dan Kreatifitas.

Jadi bagaimana supaya ide dan Kreatifitas bisa tetap ada dalam pekerjaan terutama pada bidang-bidang yang mengharapkan untuk perlunya ide dan Kreatifitas. Hal itu bisa kita lakukan dengan beberapa cara yaitu;

1 Perlu Memiliki Tim 

Tim yang baik tentu akan saling dukung mendukung, dalam suatu pekerjaan yang membutuhkan ide dan Kreatifitas tentu apabila dipikirkan secara lebih dari satu orang akan timbul pemecahan yang dapat dilakukan terlebih dahulu. Dan kemudian apabila ide itu sudah tercipta dalam tim juga perlu menganalisa langkah-langkah sehingga ide yang ada tidak lantas hanya seperti angan-angan.

2. Perlu Memiliki Standar

Ide dan Kreatifitas bisa saja hanya sekedar karang-karangan dan tidak semuanya merupakan hal yang bisa terwujud tapi juga ada hal-hal yang terpikirkan bisa jadi merupakan hal yang biasa saja walaupun bisa untuk diwujudkan.

Maka sebenarnya dalam membentuk ide dan Kreatifitas yang baik pun perlu memiliki suatu standar yang diharapkan oleh perusahaan tersebut sehingga selain adanya tim yang perlu memikirkan ide-ide jadi juga perlu menguji ide dan Kreatifitas yang muncul.

3. Analisa dan Ulas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun