Mohon tunggu...
Roneva Sihombing
Roneva Sihombing Mohon Tunggu... Guru - pendidik

Penyuka kopi, gerimis juga aroma tanah yang menyertainya. Email: nev.sihombing@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Korelasi Lagu Hallelujah dan Episode 8 pada Drama "Lost"

11 November 2021   23:20 Diperbarui: 11 November 2021   23:49 121 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

Episode 8 Drama Lost berjudul "David and Bathsheba".  David dan Bathsheba memiliki sebuah kisah cinta. Kisah cinta terlarang ini adalah salah satu kisah agung yang tercatat di Alkitab. David adalah seorang Raja agung yang memerintah negeri Israel. Suatu kali, David kembali istana diantara banyak pertempuran yang sedang dihadapi kerajaan Israel. Banyak prajurit dan pahlawan perang Raja David yang masih berada di wilayah konflik dan bertempur melawan kerajaan-kerajaan musuh. Peperangan masih belum berakhir sekalipun banyak kerajaan kecil di sekeliling kerajaan Israel menyatakan takluk.

Memiliki kekuatan dan kekuasaan yang besar, dengan wilayah negeri yang sangat besar dan upeti yang mengalir ke kas Negara, David berada dalam keadaan stabil, sekalipun masih terus menaklukkan kerajaan-kerajaan di sekeliling negeri Israel yang selama berabad-abad menjadi lawan dan seteru.

Raja David kembali dari salah satu pertempuran, berada di balkon salah satu menara istananya ketika jarak pandangnya menangkap Bathseba, istri Uria, yang sedang mandi. Uria adalah salah satu kepala pasukan kepercayaan raja David. Tidaklah perlu mempertanyakan apa maksud pengembang membangun kamar mandi terbuka ke arah istana raja.

Yang terjadi kemudian, seorang yang sangat berkuasa menyalahgunakan kekuasaannya dengan memanggil Bathseba dan menjadi sangat menginginkan Bathseba. Keinginan yang besar ini, membuatnya menjadi sangat jahat dengan merencanakan pembunuhan atas Uria.

***

Hallelujah karya Jeff Buckley / Alexandra Burke ini telah menggema sejak episode 1 drama Lost. Bukan! Ini bukan lagu rohani. Sekalipun liriknya menceritakan tentang salah satu kisah sejarah yang tertulis di Alkitab. Sekalipun makna kata Hallelujah adalah puji Tuhan.

Hallelujah adalah karya Leonard Cohen, seorang penyanyi dan penulis lagu asal Kanada. Lagu ini pertama kali dirilis tahun 1984. Dalam versi aslinya, Cohen menuliskan 6 bait Hallelujah. Namun, pada tahun 1994, Jeff Buckley merilis lagu ini dengan beberapa perubahan pada kalimat dan bait lagu. Memang tidak begitu menyolok perbedaannya. Namun, lirik yang ditulis Buckley yang sering digunakan. Dan, membuat lagu ini makin dikenali setelah 10 tahun berlalu sejak pertama kali dirilis.

Dibandingkan lirik yang ditulis Cohen, akhir-akhir ini yang menyanyikan lagu Hallelujah lebih sering menggunakan lirik yang ditulis Buckley. Berikut ini, beberapa lirik yang ditulis Buckley.

Bait 1

Now I've heard there was a secret chord that David played, and it pleased the Lord. But you don't really care for music , do you? |  It goes like this, the fourth, the fifth | The minor fails, the major lifts. | The baffled king composing Hallelujah | Hallelujah Hallelujah Hallelujah. Hallelujah

David adalah salah satu penggubah besar sebagian kidung dalam kitab Mazmur.  Alkitab dengan jelas menuliskan bahwa David mendapat perkenan Tuhan. Tentu saja bukan karena David bisa menggubah. Lebih kepada Tuhanlah yang berkenan kepada David.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan