Mohon tunggu...
nety tarigan
nety tarigan Mohon Tunggu... Konsultan - Perempuan AntiKorupsi

Bekerja dengan masyarakat khususnya anak dan perempuan untuk mendorong mendapatkan keadilan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Dampak Kasus Korupsi di Keluarga Batak: Kasus Juliari

15 Agustus 2021   16:46 Diperbarui: 15 Agustus 2021   16:51 213 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dampak Kasus Korupsi di Keluarga Batak: Kasus Juliari
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Korupsi adalah suatu tindakan yang tidak dibenarkan secara hukum di Indonesia, akan tetapi masih ada saja orang yang merasa kebal hukum sehingga melakukannya.

Kasus korupsi yang dilakukan oknum pasti berdampak terhadap keluarga yang belum tentu mengetahui asal usul uang masuk kedalam kas keluarga. Apalagi kalau oknumnya berasal dari suku Batak yang dikenal sangat kuat kekerabatannya satu sama lain, sudah dapat dipastikan oknum dan keluarga akan merasakan dampak negatif baik caci makian, stigma, sampai pada diasingkan.

Kasus korupsi Juliari merupakan contoh kasus dimana pelaku berasal dari suku Batak dan sangat dihormati kedudukannya dalam keluarga. Juliari dikenal dalam keluarga dan sanak keluarga adalah orang yang ringan tangan dan sering memberikan bantuan dalam bentuk uang. 

Karena kesohorannya itu maka Juliari dan keluarga sudah pasti dipuja-puja sehingga kalau ada acara Batak sudah pasti menjadi utama dibandingkan tamu lain. Walau dalam suku Batak ada jabatan yang dihormati dengan sebutan hula-hula, tapi tidak menutup mata bagi tamu yang sugih dan terhormat di tata pemerintahan akan diutamakan 

Akan tetapi, hal tersebut akan berbeda ketika ter bukti korupsi, maka keluarga adalah yang pasti akan mendapat malu Karena akan menjadi penguncingan di lingkungan keluarga 

Kemudian nilai kepercayaan juga menjadi surut Karena uang atau dana yang disumbang lalu menjadi pertanyaan darimana asal usul nya sehingga keluarga akan ditekan dengan berbagai pertanyaan dan stigma.

Dalam keluarga batak, hal-hal yang negatif biasanya akan dibicarakan dalam jangka waktu panjang, bukan itu saja bahkan Ketika anak Juliari misalnya akan meminang, maka kasus ini akan dapat menghambat proses tersebut Karena dalam keluarga batak kerap mengecek asal usul keluarga, bagi keluarga yang dianggap cacat secara adat akan menimbulkan diskriminasi.

Dalam keluarga batak, Jika ada kasus yang membuat perguncingan pada keluarga besar biasanya Tidak akan terhapus recordnya dalam jangka waktu pendek. 

Oleh Sebab itu, sudah dipastikan keluarga inti Juliari pasti mendapat tekan Baik dari masyarkat anti korupsi yang mengecam yang dibuat Juliari serta keluarga inti yang Kadang-Kadang kerap menelphone dan menanyakan soal kasus ini atau datang kerumah dengan membawa hula2x. 

Agar terhindar maka penting diingat yaitu "jangan korupsi" 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan