Mohon tunggu...
Neno Anderias Salukh
Neno Anderias Salukh Mohon Tunggu... Kritikus Sosial | Pegiat Budaya | Petani

Penulis amatiran yang berwajah preman tapi berhati malaikat

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Erick Thohir Layak Di-reshuffle?

7 Juli 2020   07:12 Diperbarui: 7 Juli 2020   07:15 917 29 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Erick Thohir Layak Di-reshuffle?
Menteri BUMN Erick Thohir di Jakarta, Jumat (13/12/2019) (KOMPAS.COM/MUTIA FAUZIA)

Reshuffle kabinet akan terjadi sebentar lagi. Meskipun Erick Thohir diusulkan untuk dimasukkan dalam daftar menteri yang akan di-reshuffle, Erick Thohir masih berada posisi teratas dalam urusan kinerja. Apakah Erick Thohir layak di reshuffle?

Setelah terpilih jadi ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan calon presiden dan wakil presiden Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir dianggap sukses memanajemen kampanye dengan baik sehingga Jokowi berhasil mempertahankan posisinya sebagai orang nomor satu Indonesia.

Pasca pilpres dan wacana pembentukan Kabinet Indonesia Maju, nama Erick Thohir masuk dalam daftar orang-orang terdekat Jokowi yang akan menjadi menteri karena banyak berkontribusi terhadap kemenangan Jokowi-Ma'aruf.

Baca: Yusril Ihza Mahendra dan Erick Thohir Kandidat Kuat Masuk Kabinet

Benar, pada saat pembentukan kabinet, Erick Thohir diumumkan sebagai menteri BUMN. Sejak saat itu, nama Erick Thohir menjadi topik pembahasan di mana-mana lantaran berani membongkar mafia-mafia hitam yang selama ini berkuasa di BUMN.

Mulai dari kasus penyelundupan Harley Davidson oleh direktur Garuda Indonesia hingga penemuan 53 kasus korupsi di BUMN, Erick Thohir melakukan rekonstruksi manajemen dalam tubuh BUMN.

Banyak direksi dan direktur utama yang didepak oleh Erick. Ia berani menunjukkan taringnya dengan memberhentikan Ari Ashkara dan menunjuk Irfan Setyaputra sebagai Dirut Garuda Indonesia yang baru.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI yang mencurigakan pun dirombak oleh Erick Thohir. Sebanyak lima direksi diganti langsung, termasuk Direktur Utama, Erick Thohir menunjuk Didiek Hartantyo menggantikan Edi Sukmoro.

Perusahaan Gas Negara, Bank Mandiri, PLN, Taspen, Timah, Pelindo, hingga Pertamina mengalami rekonstruksi manajemen besar-besaran lantaran banyak kasus korupsi yang ditemukan.

Gerakan Erick Thohir ini mendapat predikat yang sangat tinggi dari masyarakat. Menurut survei yang dilakukan oleh Indobarometer, Erick Thohir menempati posisi pertama dengan kinerja terbaik, diukur dari keberanian (kompas.com).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN