Mohon tunggu...
Neno Anderias Salukh
Neno Anderias Salukh Mohon Tunggu... Petani

Berwajah Preman, Berhati Malaikat

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Artikel Utama

Listrik Padam di Jakarta "Diliput", Sementara di Timur Indonesia "Luput"

6 Agustus 2019   21:03 Diperbarui: 8 Agustus 2019   02:00 0 14 14 Mohon Tunggu...
Listrik Padam di Jakarta "Diliput", Sementara di Timur Indonesia "Luput"
Ilustrasi lampu padam-Shutterstock

"Kelebihan air di Jakarta diliput tetapi kekurangan air di Timur luput"

Sepenggal frasa comedi dari Comedian Abdur Arsyad di panggung Stand Up Comedi Indonesia 4 yang mengundang tawa dan tepuk tangan meriah dari penonton.

Frasa tersebut bertujuan menyinggung pemerintah dan media yang selalu perhatian dengan masalah-masalah sosial di Jakarta tetapi masalah-masalah sosial di Indonesia Timur terlihat diabaikan.

Bahkan, Abdur mengatakan bahwa mungkin banjir Jakarta merugikan negara dengan jumlah triliunan rupiah sedangkan di Timur tidak.

Ia mencontohkan meletusnya gunung berapi Rokatenda di Flores yang hampir tidak dilirik oleh media dan pemerintah. Menurutnya, karena Rokatenda hanya merugikan negara sebesar seribu rupiah yaitu dua koin 500 untuk tutup telinga. Hehehe.

Entah benar atau tidaknya kasus Rokatenda, bagi penulis apa yang dikatakan oleh Abdur bukan sebuah kalimat subjektif untuk mendapatkan sambutan tawa di panggung Stand Up Comedi tetapi merupakan sebuah realita.

Buktinya, baru saja terjadi pemadaman listrik di wilayah Jabodetabek dan sebagian besar pulau Pulau Jawa pada Minggu (4/8/2019) hingga Senin (5/8/2019) heboh dan menjadi berita paling populer di semua media.

Bahkan, biasanya kompas.com yang menyediakan rubrik berita-berita populer, dipenuhi oleh berita pemadaman listrik di Jabodetabek dan sebagian Pulau Jawa karena diburu oleh pembaca termasuk saya sendiri.

Memang pemadaman listrik ini mengakibatkan kerugian negara sebesar triliunan rupiah. Terjadi kemacetan ekonomi bahkan dikatakan lumpuh sementara.

Namun, hebohnya warga Indonesia terkait dengan pemadaman listrik di Jawa adalah sesuatu yang lucu bagi orang Indonesia timur. Mengapa? Listrik padam adalah hal biasa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3