Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Lainnya - ibu rumah tangga biasa dengan 3 dara cantik yang beranjak remaja
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, insyaallah tidak akan mengecewakan...

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Cara Mudah Membuat Bolu Pisang Kukus Tanpa Mixer dan Oven

6 Juni 2021   15:26 Diperbarui: 7 Juni 2021   13:58 3451
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mmebuat bolu pisang (Dokumen pribadi)

Membuat bolu pisang tanpa mixer, tanpa oven, apakah bisa? Jawabannya, bisa! Bagaimana cara membuatnya? Begini cara membuat bolu pisang ala saya. Pokoknya tanpa ribet.

Begini ceritanya. Kemarin, ibu dan abang saya, mampir ke rumah saya. Dibawakannya saya 5 buah pisang yang entah jenis apa, tapi ukurannya sangat besar dan panjang, melebihi telapak tangan saya. Kata ibu saya sih jenis pisang tanduk.

Oleh suami 2 buah dibagikan ke si mbak, dan tersisa 3. Tadi pagi, Minggu (6/6/2021) rencananya mau saya goreng. Kebetulan saya ingin cemal cemil. Tapi, ketika saya pegang, pisangnya sudah terlalu matang. Kalau digoreng pasti tidak akan enak dimakan.

Terpikirkanlah oleh saya untuk membuat bolu pisang kukus karena menurut saya tidak akan ribet. Tidak pakai mixer juga sepertinya tidak masalah. Mengapa kukus? Karena saya tidak punya oven hehehe...

Saya dan keluarga memang penyuka pisang. Jika biasanya pisang kami makan dalam bentuk buah utuh, keripik, kolak pisang atau pisang goreng, bagaimana kalau akhir pekan ini saya coba mengolahnya menjadi bolu pisang kukus?

Percaya tidak, ini kali pertamanya saya membuat bolu jenis ini karena seingat saya, saya paling malas bikin kue. Malas repotnya saja. Lebih baik beli atau pesan. 

Karena ini untuk pertama kalinya, nah, kira-kira apakah bolu buatan saya berhasil atau tidak?

Bahan-bahan bolu pisang (Sumber: Dokumen pribadi)
Bahan-bahan bolu pisang (Sumber: Dokumen pribadi)
Bahan-bahannya: 

500 gram pisang yang sudah dihaluskan
200 gram tepung terigu
200 gram gula pasir

60 mili minyak goreng
2 butir telur ayam
1 sdt baking soda
1 sdt vanila
1 bungkus drink beng-beng (bisa yang lain)

Cara membuatnya:

Pertama-tama, masukkan telur ayam, gula pasir, vanila, dan baking soda ke dalam wadah. Dikocok sampai berwarna putih. Kebetulan saya tidak punya mixer, balloon whisk, dan alat pengocok sejenisnya. Jadi, saya kocok pakai garpu hahaha...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun