Mohon tunggu...
Negara KITA
Negara KITA Mohon Tunggu... Keterangan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Bio

Selanjutnya

Tutup

Politik

Turunnya Angka Pengangguran di Indonesia

21 Maret 2019   14:47 Diperbarui: 21 Maret 2019   15:06 71 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Turunnya Angka Pengangguran di Indonesia
KH Ma'ruf Amin [Foto: Pojoksatu.id]

Engkau sarjana muda
Resah mencari kerja
Mengandalkanmu ijazahmu
(kutipan lirik Sarjana Muda -- Iwan Fals)

Pernahkah kita mendengar lagu 'Sarjana Muda' gubahan Iwan Fals? Lagu yang rilis tahun 1981 itu bisa jadi terinspirasi dari sulitnya mencari pekerjaan di masa itu. Seorang lulusan sarjana harus berkeliling dari satu jawatan ke jawatan lainnya demi mendapatkan mata pencaharian. Tapi, kini 2019, telah banyak perubahan yang terjadi di dalam dunia ketenagakerjaan. Pemerintah kita telah melakukan berbagai upaya agar seluruh bangsa Indonesia dapat memperoleh pekerjaan, produktif, dan mendapatkan kehidupan yang layak.

Dalam debat cawapres yang telah selesai hari Minggu yang lalu, KH Ma'ruf Amin berhadapan dengan rivalnya sesama cawapres Sandiaga Uno. Debat tersebut membahas pendidikan, kesehatan, sosial, kebudayaan, dan ketenagakerjaan.  Salah satu tema yang cukup menjadi perhatian adalah terkait ketenagakerjaan.

KH Ma'ruf Amin menyatakan 7 juta orang Indonesia saat ini belum memiliki pekerjaan. Akan tetapi KH Ma'ruf Amin juga mengatakan bahwa angka pengangguran tersebut terus turun, beliau menyatakan akan terus menekan angka pengangguran tersebut. Ia mengestimasikan bisa menumbukan 3.500 startup sampai tahun 2024. Startup inilah yang nantinya menjadi jalan bagi terbukanya lapangan pekerjaan.

Sebanyak 7 juta orang yang masih belum memiliki pekerjaan memang bukan angka yang sedikit. Akan tetapi, pernyataan Kyai asal Banten akan tingkat pengangguran yang terus turun bukan juga tanpa alasan. Pasalnya pemerintahan Jokowi-JK telah menekan angka pengangguran sehingga menjadi 5,34% dari awalnya 5,94% di tahun 2014. Tingkat pengangguran ini merupakan yang terendah sejak 20 tahun terakhir. Berdasarkan tren, tingkat pengangguran Indonesia menurun setelah tahun 2015.

Ini artinya, dengan tenaga kerja yang terus bertambah tiap tahunnya, pemerintah telah mampu menyediakan lapangan pekerjaan untuk bangsa Indonesia lewat berbagai regulasi yang memudahkan pencari kerja memperoleh pekerjaan. Tapi, itu masih belum cukup. Apabila nanti terpilih menjadi pemimpin negeri ini, maka KH Ma'ruf Amin juga menginginkan terus terciptanya lapangan pekerjaan. Salah satunya adalah lewat target 3.500 startup yang akan muncul karena adanya infrastruktur langit.

Pemerintahan kita telah melakukan berbagai upaya agar warganya mampu mendapatkan penghidupan yang layak. Sedikit demi sedikit, perlahan-lahan angka pengangguran terus mengalami penurunan. Apalagi lewat banyaknya startup yang bermunculan di era digital ini dan di masa mendatang.

Sumber:
1. Medcom [Cek Fakta: Angka Pengangguran Terendah dalam 10 Tahun Terakhir]
2. Katadata [4 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK: Pengangguran Turun Menjadi 5,13%]
3. Kompas [CEK FAKTA: Ma'ruf Amin Sebut Angka Pengangguran Turun]

VIDEO PILIHAN