Mohon tunggu...
Nathanael Sharron
Nathanael Sharron Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

hanya seseorang manusia biasa yang mendambakan keagungan dan kejujuran dari sebuah cinta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Pengaruh Negatif Media Sosial pada Kesehatan Mental

11 November 2022   00:38 Diperbarui: 11 November 2022   00:44 290
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi diatas adalah foto saya sendiri

Media sosial atau yang biasa disingkat menjadi sosmed merupakan sebuah platform online yang digunakan banyak orang untuk berkomunikasi maupun sekedar membagikan konten-konten seperti foto dan video. Di zaman modern ini, siapa sih yang gak tahu sosmed seperti Instagram, Twitter, dan Pinterest?

Saat ini sosmed sudah menjadi kehidupan sehari-hari bagi sebagian orang, terlebih untuk Gen Z yang sudah tidak bisa lepas dari smartphone. Hal ini juga menimbulkan pertanyaan yang membingungkan semua orang, terlebih bagi orangtua yang mencemaskan anaknya yang terlalu sering bermain sosmed. "Apakah sosmed akan mempengaruhi kesehatan mental seseorang?" Dari pada penasaran, yuk kita simak sama-sama!

Kecanduan bermain media sosial tentu dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Menurut Dirjen Aptika, Samuel A. Pangerapan, pengguna internet telah meningkat di tahun 2021 sebanyak 11 persen dibandingkan dari tahun sebelumnya.

Peningkatan ini dapat terjadi dikarenakan pandemi yang mewajibkan kita untuk melakukan bermacam-macam aktivitas secara online, dan salah satu peningkatan ini terjadi pada penggunaan media sosial.

Penggunaan media sosial dengan bijak tentunya dapat memberikan manfaat-manfaat positif, namun bagaimana jika kita memakai sosmed dengan sembarangan? Apa saja dampak negatif yang akan kita terima?

1. Kecemasan

Dalam jurnal Computers and Human Behaviour, terdapat sebuah studi yang menyatakan bahwa orang yang menggunakan tujuh atau lebih platform sosmed, memiliki kemungkinan untuk mengalami gejala kecemasan sebesar tiga kali lipat dibandingkan dengan orang yang menggunakan dua platform media sosial.

 

2. Mengganggu kualitas tidur

Tidur yang cukup dan berkualitas tentunya mempengaruhi kesehatan seseorang, baik dari segi fisik maupun mental. Menurut penelitian, cahaya biru yang dipancarkan dari layer ponsel dapat menghambat produksi hormon melatonin tubuh, yaitu sebuah hormon yang membantu seseorang tertidur dan mengatur pola tidurnya. Jadi dengan terganggunya kualitas tidur dan pola tidur seseorang tentunya dapat menganggu kesehatan mental orang itu.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun