Mohon tunggu...
Narda M Sinambela
Narda M Sinambela Mohon Tunggu... Mass and Digital Communications UAJY

Hanya seorang Introvert yang bercita Jurnalis

Selanjutnya

Tutup

Media

Kolaborasi dan Teknologi Big Data, Kunci Sukses Jurnalisme Masa Depan

19 Februari 2020   04:23 Diperbarui: 19 Februari 2020   08:47 107 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kolaborasi dan Teknologi Big Data, Kunci Sukses Jurnalisme Masa Depan
maxresdefault-5e4c5286097f360c173c0892.jpg

Award 2019

Perkembangan dan percepatan teknologi memberikan berbagai fasilitas yang sangat memanjakan kepada hampir seluruh warga dunia, termasuk masyarakat Indonesia, maka pengaruh secara signifikan telah mengubah model Jurnalisme seakan-akan sudah meninggalkan teori lama maupun teori baru atau kajian model baru.

Semua model lama semakin terkikis mau tidak mau mengikuti perkembangan zaman, sebab teknologi telah memaksa publik untuk mengubah cara pandang, kegiatan, termasuk cara mengkonsumsi media. Be there or be behind?

Journalism is an act of faith in the future - Anny Curry

Kemunculan media digital menjadi awal perubahan mendasar dalam dunia Jurnalisme, karena Jurnalis dituntut untuk dapat mengembangkan berbagai format baru. 

Ketika dunia bergerak maju, Jurnalisme Profesional yang independen menjadi lebih penting daripada sebelumnya dalam membantu masyarakat memahami tantangan dan peluang besar yang sedang dihadapi dari peristiwa sehari-hari hingga masalah global yang sangat kompleks. 

A. KOLABORASI

Adanya kolaborasi dalam kerja jurnalistik dan tidak memandang media lain sebagai kompetitor merupakan salah satu cara menemukan kekuatan dalam membuat berita yang kompleks, seperti dalam liputan investigasi. Ini menunjukkan bahwa insan jurnalis sudah tidak berkutat lagi pada jurnalisme masa lalu.

Tak adanya karakteristik independen dalam penyediaan informasi, analisis dan interpretasi yang akurat membuat publik akan semakin bergantung pada sumber dan desas-desus yang beredar secara online dan offline. 

Masayarakat dapat dengan mudah terpapar hoax dari arus informasi yang begitu kencang, karena tidak adanya gatekeeper yang mengatur.

Independent Journalism
Independent Journalism

Pada era digital, banjirnya informasi menjadi penghambat fungsi jurnalisme dan kegiatan jurnalisme dianggap sudah tidak relevan lagi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x