Mohon tunggu...
Nani Isnaeni
Nani Isnaeni Mohon Tunggu... Guru - Guru Ekonomi

Guru ekonomi di SMA N 1 Kandangserang Kabupaten Pekalongan Provinsi Jawa Tengah yang mulai tertarik dan masih berlatih untuk menulis

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Melalui Model Pembelajaran Problem Base Learning dan Metode Economic Bingo Game

6 Desember 2022   18:01 Diperbarui: 6 Desember 2022   18:11 155
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lokasi

SMA Negeri 1 Kandangserang

Lingkup Pendidikan

SMA

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan keaktifan siswa pada ssaat pembelajaran

Penulis

Nani Isnaeni

Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah:

  • Metode pembelajaran kurang menarik
  • Metode yang digunakan guru masih konvensional. Guru belum menerapkan pembelajaran inovatif. Kondisi guru yang belum mengoptimalkan model pembelajaran inovatif berimbas pada peserta didik yang pasif dan tidak terbiasa  berperan aktif. Mayoritas guru lebih terbiasa menggunakan model pembelajaran monoton yaitu ceramah sehingga pembelajaran yang tercipta tidak berpusat pada peserta didik. Peserta didik juga tidak terbiasa menggunakan teknologi dalam pembelajaran sehingga menganggap pembelajaran itu sebagai kegiatan yang monoton dengan mendengarkan guru berceramah.
  • Rasa percaya diri siswa rendah
  • Rasa percaya diri siswa dapat terlihat pada proses pembelajaran, dimana siswa kurang berani menyampaikan pendapat. Selain itu peserta didik belum bisa mengeluarkan kemampuan yang ada pada dirinya sehingga siswa mudah pasrah dengan kemampuannya. Hal ini mengakibatkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran.
  • Siswa belum memahami isi materi
  • Sebagian besar siswa yang kurang aktif diakibatkan dari meraka belum memahami isi materi sehingga siswa kurang paham dengan apa yang sedang dipelajari. Akibatnya siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran.

Dari identifikasi permasalah tersebut dipilih satu yang akan      diselesaikan dalam pelaksanaan pembelajaran. Proses meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran yaitu dengan cara penerapan model pembelajaran Problem Base Learning dengan metode permainan Bingo Game dan penggunaan quizizz dalam penilaian.

Penerapan model PBL dan metode pembelajaran melalui permainan Bingo Game dapat meningkatkan keaktifan siswa secara individu maupun kelompok dimana setiap siswa dalam kelompok memiliki tugas masing-masing. Metode pembelajaran Bingo Game ini juga dapat membuat siswa lebih tertarik mengikuti kegiatan pembelajaran dan mengurangi rasa bosan siswa dalam belajar. Selain itu penggunaan quizizz juga bisa membuat siswa bersemangat dalam mengerjakan soal-soal karena lebih menarik dibandingkan dengan mengerjakan soal secara manual. Manfaat dari praktik pembelajaran ini adalah:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun