Mohon tunggu...
Nando Rifky
Nando Rifky Mohon Tunggu... Penulis

Freelance Content Writer & Blogger

Selanjutnya

Tutup

Digital

Tentang Domain Authority dan Page Authority

9 November 2019   03:06 Diperbarui: 9 November 2019   03:12 0 0 0 Mohon Tunggu...
Tentang Domain Authority dan Page Authority
Domain Authority dan Page Authority|dokpri

Nilai otoritas seperti Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) merupakan ukuran untuk mengetahui tingkat kualitasi dari sebuah situs blog maupun website, ntah itu tingkat ranking suatu domain ataupun halaman yang muncul pada mesin pencarian search engine.

DA & PA memiliki peran penting dalam suatu blog. Sebelumnya, apakah Anda sudah mengetahui apa itu DA dan PA?

Pengertian Domain Authority (DA)

Domain Authority adalah ukuran kekuatan suatu domain yang menjadi salah satu dari banyak faktor dalam peringkat pada mesin pencari. Situs blog atau website yang memiliki nilai DA tinggi akan lebih mudah menduduki peringkat awal pada mesin pencari, ntah itu Google, Bing, ataupun yang lainnya.

Situs situs baru yang tidak konsisten dalam pengelolaannya, tidak akan bertahan lama di hasil mesin pencari. Domain Authority dapat di lihat dari scor yang berskala 1-100, yang mana semakin tinggi nilainya, semakin mudah pula untuk mendapatkan ranking pada halaman pertama.

Pengertian Page Authority (PA)

Page Authority adalah istilah SEO guna mendeskripsikan kemungkinan bahwa suatu halaman tertentu akan sering dijumpai di mesin pencari. Makin sering artikel berada di halaman utama, maka artikel lain akan saling mengejar untuk berada di halaman utama pada mesin pencari. Situs blog atau website yang memiliki PA tinggi, akan mudah menaikkan posisi artikelnya untuk berada di halaman utama.

DA dan PA bisa dibilang indikator performa SEO dari website tersebut, hal ini juga berlaku untuk situs blog Anda. Setelah mengetahui perbedaan diatas, antara domain authority dan page authority, mana yang lebih penting menurut Anda? Itu bergantung dengan kebutuhan pada blog yang Anda miliki.

Selain itu, ada faktor penting yang mempengaruhi peningkatan pada DA maupun PA yang perlu Anda ketahui. Disini, saya akan ungkap semuanya tanpa ada satupun yang terkecuali dari cara untuk meningkatkan DA dan PA pada situs Anda. Oke? Simak baik baik.

Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan DA & PA

1. Usia Domain

Singkat saja, domain yang berusia cukup lama, dan si pengelola tidak ada hentinya dalam memberikan performa terbaik untuk blog nya, seiring waktu DA dan PA akan meningkat dengan sendirinya secara perlahan.

2. Popularitas Domain

Popularitas domain dapat dihitung dari jumlah inbound link yang mengarah ke blog Anda, yang berasal dari situs yang memiliki DA & PA lebih tinggi. Selain itu, Anda dapat melakukan share sosial media, blog walking, submit URL ke directory, link profil, dan lain sebagainya yang dapat membantu menciptakan inbound link dan menghasilkan lalu lintas dari waktu ke waktu.

3. Artikel Berkualitas dan Menarik

Situs blog atau website yang bagus yaitu memiliki banyak artikel atau konten. Akan tetapi, banyak artikel saja tidak cukup dan tidak bisa menjadi patokan website tersebut akan baik di mata Google. Jika artikelnya menarik, original, dan tidak ada yang menyamai konten Anda, hal itulah yang disukai Google.

Oleh karena itu, membuat artikel menarik yang enak dibaca penting untuk Anda pelajari dalam meningkatkan nilai DA & PA pada situs blog atau website.

4. Guest Post

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2