Mohon tunggu...
Nana
Nana Mohon Tunggu... Indonesia bersatu, Indonesia damai

Menulis sebagai ekspresi diri saya, yang ternyata memberikan efek yang semakin positif dalam diri. Disini saya sekaligus ingin banyak belajar dalam dunia menulis

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Pentingnya Berpikiran Positif

11 Juni 2019   13:57 Diperbarui: 11 Juni 2019   20:20 0 14 6 Mohon Tunggu...
Pentingnya Berpikiran Positif
Ilustrasi berpikir positif (Sumber: meridda.com)



 

Banyak hal yang bisa menghambat kesukesan kita, salah satunya adalah kurangnya kita berpikir positif terhadap keadaan yang sedang kita alami. Kesuksesan tidak hanya dalam bentuk materi, melainkan jabatan yang diinginkan, profesi yang diinginkan, hubungan yang harmonis dengan keluarga, dan sebagainya.

Berpikiran positif tidak hanya lahir dari pikiran yang baik terhadap segala sesuatu hal, namun juga lahir dari mood kita yang sedang bagus dan kondisi kesehatan secara fisik dan mental yang baik.

Dengan mood yang bagus, otomatis kita akan memikirkan semua hal yang dihadapi dengan positif, misal dihari itu dimarahi atasan tanpa alasan, karena mood kita sedang bagus, maka kita akan berpikir "ya sudahlah, mungkin sedang ada masalah, sabar saja". 

Coba saja kalau atasan memarahi saat mood kita sedang tidak bagus, "Bisanya nyalahin doang, kerja sendiri bisa ga, weh, gaji aja ga seberapa!", pasti perkataan seperti ini bisa terlintas dalam pikiran kita.

Ketika kondisi kesehatan kita secara fisik dan mental baik, maka kita juga akan memandang segala sesuatunya lebih indah dan positif, misal ada tetangga yang membuang sampahnya sembarangan di depan rumah kita, maka kita akan mendatangi rumahnya dan menegurnya secara baik-baik, itu kalau kita dalam kondisi sehat.

Berbeda bila kita sedang lelah, lemas, belum lagi rasanya batin sedang tertekan karena anak terlalu lincah seharian, rasanya kita ingin membuang semua sampah kita didepan rumah tetangga tersebut supaya merasakan apa yang sedang kita rasakan.

Banyak orang yang tidak sadar bahwa kurangnya berpikir positif bisa membawa kita ke jurang gangguan mental. Gangguan mental di sini bukan berarti gila, melainkan seperti kecemasan yang berlebihan, merasakan perasaan yang berlebihan, contohnya terlalu bahagia atau terlalu sedih, halusinasi, terlalu emosional, perubahan mood yang terlalu cepat dan sebagainya. Gangguan-gangguan seperti ini membuat kesuksesan kita menjadi terhambat.

Belum lagi adanya rasa putus asa apabila kita menemukan kegagalan dalam suatu pekerjaan, misalnya. Padahal kegagalan itu adalah hal yang lumrah terjadi, bahkan menjadi jalan awal kita menuju kesuksesan, karena dengan adanya kegagalan, kita bisa belajar dari kesalahan dan mental kita menjadi lebih kuat. Apabila rasa putus asa ini diiringi dengan pikiran tidak positif,maka akhirnya kita akan cepat menyerah begitu saja, dan hanya bisa iri terhadap kesuksesan orang lain. Jelas kita tidak mau seperti itu, kan?

Jadi, jangan remehkan kekuatan pikiran. Pikiran negatif akan kerap kali muncul dalam pikiran kita, tergantung dari kita mengelola pikiran negatif tersebut. 

Apabila pikiran negatif ini terus dipelihara, bukan hanya gangguan mental yang mengganggu kesuksesan kita, tapi ada efek samping lainnya yang terjadi, yakni gangguan kesehatan, antara lain hipertensi, masalah pencernaan, berat badan bertambah, dan impotensi.

Hal-hal yang bisa membangun pikiran positif kita, sebenarnya sangat sederhana. Saya sudah mempraktekannya sendiri, karena saya memiliki kecenderungan suka berpikiran negatif.



 

Olahraga, cara membentuk sebuah pemikiran positif (Sumber : webmd.com)
Olahraga, cara membentuk sebuah pemikiran positif (Sumber : webmd.com)

Pertama, olahraga

Hohoho... jangan remehkan kekuatan olahraga ini, dulu saya sangat tidak sadar betapa pentingnya olahraga, bahkan saran untuk berolahraga saya abaikan begitu saja, sampai suatu hari, saya harus masuk rumah sakit karena ada indikasi usus buntu, dan ternyata itu adalah bentuk dari stres.

Ketika saya sudah memulai olahraga, awal rasanya lelah dan berat, namun yang saya rasakan perlahan tapi pasti, saya lebih memandang tekanan dalam pekerjaan dan usaha saya jauh lebih santai. Bahkan setiap hambatan saya temui, saya akan berusaha mencari solusinya. Ini cukup menarik, menurut saya, karena saya sendiri adalah tipe orang yang akan cepat putus asa dan emosi apabila menemui hambatan dan tekanan.

Dilansir dari Pikiran Rakyat, olahraga sendiri memberikan efek meningkatkan mood, konsentrasi, mengurangi stres dan depresi, memperbaiki kebiasaan tidur, mempertahan berat badan, meningkatkan rasa percaya diri dan bisa dikaitkan dengan sifat kepemimpinan. Selain itu, dalam Hello Sehat dikatakan olahraga bisa meningkatkan hormon bahagia dalam diri kita.

Tidak perlu muluk harus ke Gym. Cukup meluangkan waktu 5-10 menit dengan jalan cepat di sekitar rumah ataupun kantor, itu sudah termasuk olahraga. Lama kelamaan, Anda pasti akan sama ketagihannya seperti saya ketika sudah merasakan dampak positif dari olahraga.







5

Cari teman yang memiliki pikiran positif (Sumber : crowdsource.com)
Cari teman yang memiliki pikiran positif (Sumber : crowdsource.com)

Kedua, cari teman yang memiliki pikiran positif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3