Mohon tunggu...
Najwa Zahrah
Najwa Zahrah Mohon Tunggu... Mahasiswi

Prodi. Biologi Fakultas. Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara KKN-DR Kelompok 171

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Menjalani Hidup Sehat di Era New Normal untuk Menghadapi Si Kecil Covid

17 Agustus 2020   23:10 Diperbarui: 17 Agustus 2020   23:38 21 0 0 Mohon Tunggu...

Berdasarkan update Covid-19 di Indonesia, sejak awal maret hingga dengan sekarang yaitu minggu (16/08/2020) sudah terkonfirmasi 140 ribu jiwa, diantaranya  93.103 sembuh dan 6.150 dinyatakan meninggal dunia. Indonesia terus melakukan berbagai upaya dengan segala tindakan yang dianggap perlu untuk mengurangi persebaran virus tersebut. Himbauan yang awalnya diharuskan untuk berdiam diri dirumah dan melakukan pembatasan interaksi dengan orang lain secara langsung, kini berganti menjadi ajakan agar berdamai dengan virus corona tersebut.

Hal ini membawa banyak perubahan di dalam hidup mausia. Banyak kegiatan yang dilakukan di rumah seperti bekerja maupun kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan sistem daring/online. Perubahan pola hidup dan gaya hidup seperti ini harus di pertahankan yaitu dengan cara lebih banyak waktu untuk dirumah, apalagi sekarang memasuki era new normal.

Dengan diterapkannya new normal, berbagai kegiatan masyarakat yang dilakukan di luar rumah kembali lagi seperti sedia kali, namun harus menerapkan protokol kesehatan. Namun, masyarakat khawatir akan kemungkinan penyebaran penyakit khususnya virus corona yang sedang melanda, ketika kembali ke rutinitas kerja seperti biasanya.

Beberapa hal yang enggan kita lakukan, kini menjadi kebiasan baru, seperti ketika keluar dari rumah diharuskan menggunakan masker, membawa hand sanitizer, kebiasaan mencuci tangan. Hal -- hal yang enggan dilakukan kebanyakan orang kini menjadi hal yang berkesan mewah. hal ini menunjukkan bahwa kita terbiasa dengan prilaku yang kurang memperhatikan hidup bersih dan sehat. melihat tukang sapu, tukang becak, pedagang kaki lima bahkan pejabat ataupun artis dan kalangan atas ramai -- ramai mengkampanyekan perilaku hidup bersih maupun sehat dengan penggunaan masker.

Masyarakat yang dulunya enggan mengkonsumsi suplemen vitamin, kini mulai beramai -- ramai, mengisi lemari nya dengan suplemen vitamin yang sangat di anjurkan untuk di konsumsi guna menjaga daya tahan tubuh. Menjadikan suplemen vitamin layak nya emas yang harus dimiliki.

Selain itu, kini berolah raga di pagi hari menjadi aktivitas yang harus dibiasakan, dulunya kebanyakan masyarakat enggan hanya untuk jogging, push up atau senam. Kini berolahraga menjadi salah satu prioritas kegiatan di pagi hari yang harus dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh dan tetap fit.

Dengan sekarang memasuki era new normal kita harus menerapkan berbagai kebiasaan baik yang sudah mulai terbentuk selama pandemi berlangsung. Maka kita harus merubah pola hidup kita yang awal nya malas -- malasan menjaga kondisi tubuh, tidak memakai masker ketika di jalan raya atau di luar rumah, selain itu malas memakan buah maupun sayuran, menjadi rajin berolahraga, tidak malas memakan sayuran ataupun makanan yang bergizi dan mengurangi maupun tidak memakan junk food, memakai masker, menjaga kebiasaan cuci tangan, dan membawa hand sanitizer.

Dengan hal -- hal yang merubah pola kita menjadi hidup sehat, semoga dengan hal tersebut setiap individu dapat terjaga kesehatan nya dan terhindar dari corona.

Oleh Najwa Zahrah

KKN-DR kelompok 171

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x