Mohon tunggu...
Nain Tri Habibi
Nain Tri Habibi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Healthy Inside, Fresh Outside.

:)

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Metabolisme Karbohidrat

15 Mei 2019   10:28 Diperbarui: 23 April 2021   12:08 14212 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi metabolisme karohidrat (Sumber : dokpri)

Metabolisme karbohidrat dapat dikatakan sebagai proses alami yang tidak hanya terjadi di dalam tubuh manusia melainkan juga makhluk lain seperti hewan dan bahkan juga tumbuhan. Yang menjadi pertanyaan adalah, walaupun proses tersebut juga terjadi di dalam tubuh manusia, tahukah Anda mengenai apa sebenarnya proses metabolisme yang satu ini? 

Jika Anda belum mengetahui tentang hal tersebut, berikut sedikit informasi yang akan memperkenalkan Anda lebih jauh tentang sebuah proses metabolisnya yang terjadi di hampir semua makhluk hidup yang ada di bumi ini. 

Apa Itu Metabolisme Zat Karbohidrat?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai hal lain yang berkaitan dengan proses metabolisme karbohidrat, ada baiknya jika Anda juga mengetahui terlebih dahulu tentang apkah sebenarnya proses metabolisme yang satu ini. 

Secara umum, proses ini bisa dijelaskan sebagai proses metabolisme yang mengikutsertakan zat karbohidrat dan terdiri dari beberapa jenis proses yang berbeda, termasuk proses sintesis atau anabolisme, perubahan bentuk zat karbohidrat, dan juga proses penguraian atau katabolisme. 

Untuk proses perubahan bentuk karbohidrat ke wujud lain, sebenarnya hal ini terjadi dengan cukup berbeda-beda antara spesies satu dengan lainnya.

Produk Terpenting Dari Proses Metabolisme Ini

Bicara tentang perubahan bentuk dari zat karbohidrat menjadi zat lainnya melalui proses metabolisme, sebenarnya ada beberapa produk berbeda yang dihasilkan. Walaupun begitu, ada satu jenis produk terpenting yang memang sudah terbukti terdapat di hampir semua makhluk hidup. 

Produk yang dimaksud di sini adalah glukosa yang tak lain dan tak bukan adalah salah satu jenis senyawa gula monosakarida. Pada tubuh manusia, glukosa ini mempunyai berbagai fungsi penting dalam pembentukan energi.

Selain glukosa, ada juga berbagai macam jenis produk lain yang dihasilkan melalui proses metabolisme yang satu ini. 

Contohnya adalah pati atau umbi yang sebenarnya merupakan simpanan energi tanaman yang terbentuk dari proses metabolisme fotosintesis yang terjadi antara beberapa zat yang berbeda, termasuk karbohidrat, air, dan juga karbondioksida.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan