Mohon tunggu...
Nur Hidayatun Naimah
Nur Hidayatun Naimah Mohon Tunggu... Mathematics Education

Halo semuanya ! Selamat datang dan terima kasih sudah berkunjung ke profil saya :')

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mahasiswa KKN UPGRIS 2021 Edukasi PHBS dan Pencegahan Covid-19 kepada Lansia Desa Cepiring, Kab Kendal

23 Februari 2021   14:55 Diperbarui: 23 Februari 2021   15:21 26 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UPGRIS 2021 Edukasi PHBS dan Pencegahan Covid-19 kepada Lansia Desa Cepiring, Kab Kendal
dok. pribadi

Virus covid-19 yang sedang mewabah ini tidak memandang siapapun, baik dalam segi background ataupun usia. Akan tetapi perlu diwaspadai, usia-usia yang rentan terkena adalah usia anak-anak dan Lansia (Lanjut Usia), hal tersebut karena sistem imunitas tubuh yang tidak terlalu kuat.

Pencegahan terhadap Covid-19 harus tetap dilakukan, mulai dari menjaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Tetapi, hal tersebut terkadang masih diremehkan. Pemerintah juga terus berupaya untuk mengedukasi masyarakat memaksimalkan pengetahuan mengenai cara pencegahan Covid-19.

Pencegahan Covid-19 yang lebih ekstra perlu dilakukan oleh orang tua yang berusia lebih dari 60 tahun. Apalagi jika ada penyakit atau faktor lain yang dapat meningkatkan faktor risiko infeksi Virus Corona.

Akan tetapi, pencegahan Covid-19 bagi para Lansia (Lanjut Usia) tidaklah mudah jika ditangani sendiri, perlu bantuan dari orang yang berusia lebih muda sehingga perlu pengawasan dan yang berperan adalah generasi-generasi muda.

Menanggapi perihal bahaya Covid-19 tersebut, mahasiswa asal Desa Cepiring, Kabupaten Kendal bernama Nur Hidayatun Naimah berinisiatif melakukan edukasi kepada para Lansia (Lanjut Usia) di desanya tersebut.

"Saya berinisiatif melakukan edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan pencegahan Covid-19 ini berdasar karena masih minimnya pengetahuan para Lansia di Desa Cepiring, karena saya berpikir kalau bukan generasi muda yang mengingatkan kepada mbah-mbah, siapa lagi?" pungkasnya Minggu (14/2).

Ia pun mengungkapkan bahwa edukasi tersebut sangat penting, karena rentannya sistem imunitas tubuh para Lansia di masa Pandemi sekarang, ditambah jika mempunyai penyakit dalam, seperti yang berkaitan dengan paru-paru misalnya.

Sebagai Duta Perubahan Perilaku, ia melakukan edukasi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, yakni tetap memakai masker.

Mahasiswa yang memiliki panggilan akrab Naimah ini menuturkan, " Edukasi yang saya lakukan yakni dengan menyambangi rumah para Lansia, kemudian saya edukasi tentang PHBS, pencegahan Covid-19, cara memakai masker yang benar, dan cara menggunakan hand sanitizer yang benar" tuturnya.

Saat melakukan edukasi, ia pun membagikan masker kain dan hand sanitizer kepada para Lansia agar para Lansia tetap merasa semangat meskipun kapan Pandemi akan berlalu.

Ia juga berharap langkah kecil yang dilakukan melalui kegiatan KKN ini, dapat bermanfaat bagi para Lansia, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dimanapun berada.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x