Mohon tunggu...
Nafa Alfiana
Nafa Alfiana Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi

Mencoba dan berusaha

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Bunda Yuk Kenali Jenis Temperamen pada Anak

25 September 2021   21:27 Diperbarui: 25 September 2021   21:31 85 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bunda Yuk Kenali Jenis Temperamen pada Anak
shutterstock.com

Setiap anak dilahirkan dengan caranya masing-masing dalam mendekati dunia, 

Sifat tempramen pada anak dapat dilihat sejak dini lho Moms lebih khusus pada masa perkembangan dan tumbuh kembangnya, anak-anak terkadang memiliki kemauan yang keras jika kemauannya tersebut tidak didengar maka mereka akan mudah menunjukkan sifatnya seperti mudah tersebut marah dan lain sebagainya. 

Temperamen secara signifikan membentuk perilaku dan perkembangan anak, jadi memahami temperamen anak sangat penting untuk menjaga perkembangan yang sehat. Misalnya, jika kita tahu bahwa seorang anak sedang berjuang dengan perubahan, kita dapat mengantisipasi dan memahami mengapa begitu sulit bagi mereka untuk masuk sekolah di pagi hari.

Kita dapat berbicara dengan orang tuanya tentang cara untuk membuat kebiasaan pagi ini lebih mudah. Misalnya, seorang ibu dapat membuat rutinitas yang sangat menghangatkan hati anaknya.

Temperamen pada anak 

Temperamen bukanlah sesuatu yang dipilih anak atau diciptakan orang tua. Sangat penting bahwa anak-anak diterima apa adanya. Namun, memang benar bahwa beberapa temperamen lebih mudah diatur daripada yang lain. Anak yang agresif dan responsif mungkin lebih sulit untuk ditenangkan daripada anak yang lebih santai; Anak yang sangat pemalu dan lamban mungkin membutuhkan lebih banyak waktu dan dukungan untuk merasa nyaman dalam kelompok anak-anak.

Beberapa anak merasa sulit untuk berubah, sementara yang lain akan menerima perubahan dengan tenang. Temukan tips mengasuh anak tentang temperamen unik anak.

Meskipun anak-anak kecil terkenal tidak fleksibel dengan rutinitas mereka, beberapa tampaknya menikmati aktivitas yang mereka sukai, dan yang lain mengalami kesulitan melakukan transisi. Tapi tetaplah ingat bahwa anak tetap sama cenderung misal:

  1. menanggapi perubahan sekecil apapun itu.  
  2. membutuhkan banyak waktu dan dukungan untuk merasa nyaman di lingkungan baru atau dengan orang baru
  3. mengamuk berkali-kali, yang dapat dipicu oleh perubahan kecil atau perubahan yang lebih besar.

 Ada 4 jenis terperament umum  :

  1. Sanguinis : Anak dengan kepribadian ini   umumnya memiliki jiwa pemimpin  energik, optimis, ceria, dan riang. Mereka suka mengambil risiko dan memiliki kemampuan besar untuk mengambil risiko. Kemampuan ini bisa melakukan pekerjaan seputar : memasak, dunia olahraga, pemasaran dll
  2. Plegmatis : menghindari konflik dan selalu berusaha untuk datang di antara orang lain untuk memulihkan perdamaian dan harmoni juga membantu orang lain. Perkerjaaan yang pas adalah perawat, pengajar, psikolog, pengembangan anak dll
  3. Melankonis :Memiliki sifat serius, enderung genius, berbakat kretif ,mersa rendah diri, emosi dapat berubah- ubah.Pekerjaan yang pas Akutansi, adimistrasi dll
  4. Koleris :Memiliki sifat optimis, mudah tersinggung, gelisah, Pekerjaan yang pas Teknologi, statistika, perograman dll.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan