Mohon tunggu...
NADYA PUTRII
NADYA PUTRII Mohon Tunggu... NADYA PUTRI SEMBIRING GURKI

ALLAH SWT

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Strategi Proses Pembelajaran Tematik Kelas IV SD/MI Saat Pandemi Covid-19

15 Agustus 2020   02:42 Diperbarui: 15 Agustus 2020   02:50 140 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Strategi Proses Pembelajaran Tematik Kelas IV SD/MI Saat Pandemi Covid-19
img20190801134000-5f36e750097f3622de0fa332.jpg

                 Pendidikan adalah hal yang sangat penting memajukan bangsa. Maju mundurnya sebuah negara dipengaruhi pendidikan di negara itu. Peserta didik yang terus belajar dan mendapatkan pengajaran dapat mengembangan bakatnya dengan baik. Kegiatan belajar yang dilakukan dengan teratur akan memberikan peningkatan terhadap kualitas diri dan kemandirian peserta didik. Sebuah perubahan yang terjadi pada diri peserta didik tidak akan lepas dari lingkungan dan cara seorang guru dalam menyampaikan materi pembelajarannya. Proses belajar mengajar memiliki dua unsur yang amat penting yaitu metode mengajar dan media pembelajaran. Kedua aspek tersebut saling berkaitan. Pemilihan salah satu metode mengajar tertentu akan memengaruhi jenis media pembelajaran yang sesuai, dapat dikatakan bahwa salah satu fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat bantu untuk mengajar .

            Media yang baik akan membuat peserta didik mudah memahami materi dan betah belajar. Saat guru memilih sebuah media pembelajaran guru harus memperhatikan materi yang ingin disampaikan kepada peserta didik. Media pengajaran adalah semua bahan dan alat fisik yang mungkin digunakan untuk mengimplementasikan pengajaran dan memfasilitasi prestasi peserta didik terhadap sasaran atau tujuan pengajaran.  Lewat media yang ada guru dapat berkomunikasi dengan peserta didik. Materi yang tidak dapat dijelaskan oleh guru melalui bahasa verbal akan terwakili oleh media yang digunakan. Misalnya dalam materi yang disampaikan guru memiliki gambar maka media yang baik digunakan adalah media yang dapat menyajikan gambar dan bahasa seperti komik. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik mau mengikuti pembelajaran dengan antusias, sehingga mata pelajaran yang dipelajari akan lebih mudah terekam pada memori peserta didik. Salah satu bentuk media itu adalah komik pembelajaran Pembelajaran melalui gambar akan membantu peserta didik dalam memahami pelajarannya, sebab dengan adanya gambar dan sajian bahasa yang menjelaskan maksud dari gambar itu akan membuat peserta didik dapat menyaksikan langsung apa yang telah dijelaskan oleh guru.

            Belajar dengan melihat gambar dan bacaan membuat peserta didik gampang memahami dan mengingat pesan atau informasi yang ada pada buku. Sebab otak akan lebih mudah mengingat hal yang pernah terlihat oleh mata daripada hanya mendengar penjelasan dari guru saja tanpa adanya bantuan dari gambar. Media komik yang menyediakan gambar disertai penjelasan akan bagus untuk memberi pemahaman yang lebih jelas kepada peserta didik. Media yang menarik juga tidak akan memberikan tekanan kepada peserta didik dalam belajar sehingga mereka akan tetap nyaman saat belajar tanpa adanya unsur keterpaksaan. Media komik merupakan salah satu bentuk sumber belajar yang dapat membantu peserta didik dan dapat mengantikan posisi guru dalam kegiatan pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas. Media komik dapat digunakan dalam proses pembelajaran dua arah yaitu sebagai alat bantu mengajar dan sebagai media belajar yang dapat digunakan sendiri oleh peserta didik. Komik dapat didefinisikan sebagai suatu bentuk kartun yang mengungkapkan karakter dan memerankan suatu cerita dalam urutan yang erat dihubungkan dengan gambar dan dirancang untuk memberikan hiburan kepada pembaca. Penggunaan komik sebagai media akan sangat bagus karena akan memancing peserta didik untuk membaca. Selain memiliki gambar yang menarik, komik juga memiliki alur cerita yang akan menimbulkan rasa penasaran peserta didik, sehingga membuat peserta didik untuk terus membaca tanpa harus diperintah oleh guru. 

          Media komik dan video pembelajaran animasi sangat bermanfaat bagi proses serba online sekarang, karena media komik ataupun video animas asi adalah solusi yang sangat dibutuhkan dalam pembelajaran pandemi covid sekarang. mengapa ?. Karena menurut saya media komik bisa di perbanyak menggunakan mesin photo copy atau lainnya. Dalam usia 7- 12 tahun anak-anak akan lebih fokus pada pembelajaran lewat gambar, mereka gampang bosan akan suasana yang begitu saja. Maka sebagai guru yang memang memiliki kompetensi, kita harus dapat memahami keinginan anak didik agar proses pembelajaran tetap berjalan baik. Dan menjadi guru yang berkreatifits tinggi dalam keadaan Covid 19 ini sangat di perlukan. Dan untuk video animasi saya juga sudah membuat, agar anak didik kelas IV SD/ MI lebih memahami proses pembelajaran Tematik Bahasa Indonesia mengenai (cerita fiksi) dan IPA (mengenai hubungan gaya dan gerak) dalam satu video. Video ini dapat di share ke grup-grup kelas yang memang digunakan untuk kelas daring, dan saat penggunaan gadget anak harus tetap dengan bimbingan orang tua. Tugas-tugas yang diberikan akan semakin ringan karen ada penjelesan terlebih dulu dalam video pembelajaran.

 Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah Swt. 

Mejuah-Juah Man Banta Kerina Kita Kalak Karo. . .

Kupertandahken Lebe Man Banta Gelarku Nadya Putri Dari Jurusan PGMI.

VIDEO PILIHAN